Nafisyah, Siti (2022) Mispersepsi Masyarakat Muslim Desa Tileng Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun Tentang Bank Syariah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
402180090_SITI NAFISYAH_PERBANKAN SYARIAH.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Mispersepsi merupakan suatu informasi yang bias oleh individu dan dapat
menyebabkan kesalahan persepsi karena informasi sepihak dan paparan fakta
yang tidak lengkap. Mispersepsi tentang bank syariah bentuknya beragam, seperti
yang terjadi pada masyarakat muslim di Desa Tileng. Masyarakat Desa Tileng
beragama muslim, namun keberadaan lembaga keuangan syariah baik bank
syariah maupun koperasi syariah belum mampu mengalihkan pemikiran mereka
dari bank konvensional. Hal ini karena bank konvensional sudah melekat
dipikiran mereka, pengetahuan dan pemahaman yang masih minim serta tidak
adanya sosialisasi menjadi faktor yang melatarbelakangi terjadinya kesahalan
persepsi tentang bank syariah, sehingga membuat minat mereka untuk memilih
dan menggunakan bank syariah menjadi rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk mispersepsi yang terjadi
pada masyarakat muslim yang ada di Desa Tileng, faktor yang melatarbelakangi
mispersepsi serta dampak dari mispersepsi tentang bank syariah. Jenis penelitian
yang digunakan adalah field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan
kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian beralamatkan di Desa Tileng,
Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun.
Hasil dari penelitian di lapangan dapat disimpulkan bahwa Bentuk
mispersepsi yang banyak terjadi pada masyarakat muslim Desa Tileng tentang
bank syariah adalah mispersepsi langsung dimana dipengaruhi oleh masih
rendahnya pengetahuan dan pemahaman mereka terhadap bank syariah yang
dimana belum bisa membedakan secara benar sistem operasional yang digunakan
bank syariah serta bank konvensional, selain itu mereka juga tidak tahu produk-
produk di bank syariah. Faktor yang melatarbelakangi terjadinya mispersepsi
antara lain primacy effect, contras effect, pengalaman terdahulu dan perasaan yang
dirasakan. Dari faktor yang menyebabkannya berdampak pada minat mereka
untuk menggunakan bank syariah dimana mayoritas dari narasumber tidak
berminat untuk menggunakan bank syariah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Nurma Fitrianna |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 08:06 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 08:06 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31250 |
Actions (login required)
View Item |