Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Masyarakat Pada Produk Tabungan Di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo

Sugianti, Ratna (2022) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Masyarakat Pada Produk Tabungan Di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
402180076_RATNA SUGIANTI_PERBANKAN SYARIAH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Persepsi merupakan proses pemberian makna, memilah dan memilih yang
akan di interpretasikan dari stimuli dan sensasi yang diterima individu dari
pancaindera dimana akan mempengaruhi perilaku dan menjadi inti sebuah
komunikasi. Permasalahan yang terjadi yaitu masyarakat menganggap antara bank
konvensional dan bank syariah keduanya sama-sama mencari bunga yang sebesar-
besarnya dalam kegiatannya.Tujuan utama penelitian ini adalah untuk
menganalisis faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat kecamatan pulung
pada produk tabungan di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo dan untuk
menganalisis faktor yang paling dominan mempengaruhi persepsi masyarakat
kecamatan pulung pada produk tabungan di BPRS Mitra Mentari Sejahtera
Ponorogo.
Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan
data menggunakan kuesioner untuk data inti. Teknik pengambilan sampel dalam
penelitian ini probability sampling dengan teknik simple random sampling
menggunakan rumus Slovin dan mengahasilkan sampel sebanyak 100 respoden.
Responden yang diambil adalah masyarakat kecamatan pulung baik pembeli atau
penjual. Uji yang digunakan untuk menguji instrument penelitian adalah uji
validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis
faktor untuk membantu analisis penelitian dengan alat bantu IBM SPSS 25.
Variabel yang digunakan adalah variabel persepsi dan variabel faktor internal dan
eksternal
Hasil penelitian diketahui bahwa faktor yang mempengaruhi persepsi
masyarakat kecamatan pulung pada produk tabungan di BPRS Mitra Mentari
Sejahtera Ponorogo yaitu pertama faktor faktor eksternal, internal, faktor
pekerjaan, faktor pengetahuan, faktor sosial budaya, faktor pendidikanl, artinya
keenam faktor tersebut berpengaruh pada persepsi masyarakat kecamatan pulung
pada produk tabungan Bank Mitra Ponorogo. Faktor yang paling dominan
mempengaruhi persepsi masyarakat kecamatan pulung pada produk tabungan di
BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo yaitu yang pertama faktor eksternal
23,320% dan faktor internal dengan nilai Persentase of Varians sebesar 11,455%
dan sehingga kedua faktor tersebut telah menjelaskan sebesar 34,775%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nurma Fitrianna
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 05 Dec 2024 08:01
Last Modified: 05 Dec 2024 08:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31247

Actions (login required)

View Item View Item