Ramadani, Ryskia Ayu (2022) Strategi Harga Dalam Menarik Minat Nasabah Pada Produk BSI Usaha Mikro (BUM) Di Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Pembantu Nganjuk Yos Sudarso. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
RYSKIA AYU RAMADANI 402180086 PS_1.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Harga merupakan salah satu unsur yang paling penting dari strategi pemasaran suatu perusahaan Harga menjadi aspek yang sangat penting karena pada umumnya konsumen menjadikan harga sebagai pertimbangan utama sebelum membeli ataupun menggunakan barang maupun jasa. Price atau harga sering digunakan sebagai alat promosi untuk meningkatkan minat konsumen. Harga penting bagi pemasaran sebab dari hargalah pendapatan dan keuntungan perusahaan diperoleh sehingga keberlangsungan hidup perusahaan dapat dipertahankan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi harga pada produk BSI Usaha Mikro (BUM), faktor-faktor yang menentukan harga pada produk BSI Usaha Mikro (BUM),dan dampak penetapan harga terhadap minat nasabah menggunakan produk BSI Usaha Mikro (BUM) di Bank Syariah Indonesia KCP Nganjuk Yos Sudarso. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui wawancara dengan pihak BSI KCP Nganjuk Yos Sudarso. Lokasi penelitian beralamatkan di Jl.YosSudarso No.15C, Payaman,KecamatanNganjuk,Kabupaten Nganjuk, JawaTimur.
Dari penelitian yang telah dilakukan, penulis dapat menyimpulkan bahwa Strategi harga pada produk BSI Usaha Mikro (BUM) di Bank Syariah Indonesia KCP Nganjuk Yos Sudarso dalam menarik minat nasabah dibagi menjadi lima, yang pertama produk BUM disesuaikan dengan kategorinya, kesepakatan dalam penetapan margin, pengadaan promo penurunan margin, pembiayaan yang dapat diangsur, dan penetapan kondisi pasar, Faktor yang menentukan harga dan margin pada pembiayaan produk BSI Usaha Mikro (BUM) di Bank Syariah Indonesia KCP Nganjuk Yos Sudarso meliputi persaingan, jangka waktu, hubungan yang baik, jenis nasabah, dan keuntungan. Dampak penetapan harga terhadap minat nasabah menggunakan produk BSI Usaha Mikro (BUM) di Bank Syariah Indonesia KCP Nganjuk Yos Sudarso menyebabkan dampak positif dan negatif. Dampak positif yang terjadi nasabah dapat memilih jenis pembiayaan BUM sesuai dengan kebutuhan dan pendapatan nasabah.Adapun dampak negatifnya adalah nasabah tidak dapat menentukan besaran margin yang diinginkan karena jumlah margin BSI yang ditawarkan sudah ditetapkan dari pusat sehingga minat nasabah menggunakan produk BUM memilki kuantitas yang sedikit dibandingkan pembiayaan lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Said Abadi |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 08:02 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 08:02 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31246 |
Actions (login required)
View Item |