Wahono, Ribut Muji (2022) Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Daya Saing Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening Pada Pt Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Nganjuk Yos Sudarso. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
402180079_Ribut Muji Wahono_Perbankan Syariah .pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Daya saing adalah jantung kinerja perusahaan dalam pasar bersaing.
Berdasarkan hasil analisis mengenai inovasi produk, kualitas pelayanan dan daya
saing terdapat perbedaan, yang mana dalam teori diketahui jika semakin tinggi
tingkat inovasi produk yang diberikan oleh perusahaan, dan semakin baik kualitas
pelayanan yang dimiliki oleh perusahaan maka akan meningkatkan daya saing yang
dimiliki oleh perusahaan tersebut dengan perusahaan lainnya. Akan tetapi
berdasarkan data yang ada di lapangan ditemukan bahwa kualitas pelayanan yang
baik dan inovasi produk yang kreatif tidak selalu meningkatkan daya saing
perusahaan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang mana menjadikan data
primer sebagai rujukan. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan
menjadikan nasabah sebagai responden. Teknik pegumpulan data yang dilakukan
yaitu menggunakan kuisoner dengan penyebaran yang dilakukan langsung terhadap
nasabah. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobabilty sampling dengan
menggunakan teknik insidental sampling. Analisis data dalam penelitian ini
menggunakan analisis deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik,
analisis regresi berganda, uji hipotesis, dan analisis jalur (Path Analysis).
Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa variabel inovasi produk
berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing, variabel kualitas pelayanan
berpengaruh tidak signifikan terhadap daya saing sebesar, variabel inovasi produk
berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image, variabel kualitas pelayanan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image, variabel brand image
berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing, variabel brand image tidak
mampu memediasi pengaruh variabel inovasi produk terhadap daya saing, variabel
brand image mampu memediasi pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap daya
saing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ely Masykuroh |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 07:52 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 07:52 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31244 |
Actions (login required)
View Item |