Nurhidayati, Riska Aprilia (2022) Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning di MIN 6 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
SKRIPSI 203180103 RISKA APRILIA NURHIDAYATI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Selama ini proses pembelajaran di kelas IV Al-Aziz MIN 6 Ponorogo dilakukan dengan
model pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Hal tersebut yang menyebabkan rendahnya
kemampuan berpikir kritis siswa terhadap materi yang dipelajari, terbukti ketika siswa diberi
soal tes hanya 76,47% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Oleh karena
itu diperlukan perbaikan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir
kritis siswa pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL).
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata
pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran problem based learning di MIN 6
Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan di kelas IV Al-Aziz melalui dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Tiap siklus
terdiri dari dua pertemuan dan dalam setiap siklus dilaksanakan mengikuti prosedur model
Kemmis & MC. Taggart, meliputi perencanaan (planning), pelaksanaan dan pengamatan (act
and observe), dan refleksi (reflection). Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas partisipan. Dengan menggunakan dua teknik pengumpulan data, yaitu
observasi dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based
learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dapat dilihat dari
pencapaian tes kemampuan berpikir kritis pada siklus I sebesar 64,71% dan meningkat pada
siklus II sebesar 94,12%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata
pelajaran IPA di MIN 6 Ponorogo. Dan kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapatkan
nilai rata-rata paling tinggi terdapat pada sub indikator bertanya dan menjawab pertanyaan
klarifikasi sedangkan nilai rata-rata terendah terdapat pada sub indikator menentukan tindakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Hanin Niswatul Fauziah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 07:37 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 07:37 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31238 |
Actions (login required)
View Item |