Strategi Promosi Produk Cicil Emas Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Nganjuk Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Di Daerah Pedesaan

Nurhanifah, Nadila Ratnasari (2022) Strategi Promosi Produk Cicil Emas Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Nganjuk Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Di Daerah Pedesaan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
402180063_Nadila Ratnasari Nurhanifah_Perbankan Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sedikitnya jumlah nasabah produk cicil
emas yang ada di BSI KCP Nganjuk. Dalam pengenalan produk perlu adanya
promosi yang tepat sehingga dapat meningkatkan jumlah nasabah produk cicil
emas. BSI KCP Nganjuk melakukan promosi dengan cara periklanan, promosi
penjualan, dan penjualan pribadi. Promosi ini dilakukan untuk menjangkau semua
kalangan yang ada di daerah Nganjuk, jadi promosi di BSI KCP Nganjuk tidak
hanya dilakukan di sekitar area kantor BSI KCP Nganjuk saja, tetapi sudah
menjangkau daerah pedesaan yang ada di Nganjuk. Selanjutnya penelitian ini
dilakukan untuk menganalisis strategi promosi yang digunakan oleh BSI KCP
Nganjuk pada produk cicil emas.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi promosi
produk cicil emas, faktor yang melatarbelakangi penggunaan strategi promosi yaitu
dengan menganalisis kelebihan dan kekurangan masing-masing strategi promosi,
serta dampak promosi terhadap meningkatnya jumlah nasabah produk cicil emas.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan dengan
menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan Teknik pengumpulan data yang
digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi promosi yang
digunakan oleh BSI Kcp Nganjuk adalah periklanan (advertising), promosi
penjualan (sales promotion), dan penjualan pribadi (personal selling). Dalam
melakukan masing-masing strategi promosi. Faktor pendukung periklanan
(advertising) adalah mudah, bisa dibaca berulang-ulang, acceptable, dan kejelasan
informasi. Sedangkan media online digunakan karena mudah dan cepat dalam
menyebarkan informasi. Promosi penjualan (sales promotion) dapat membentuk
brand image, dan biaya yang dikelurkan lebih murah dibandingkan dengan strategi
yang lain. Penjualan pribadi (personal selling) dilakukan karena personal selling
dapat memperkuat hubungan dengan masyarakat, mendapatkan respon nasabah
dengan cepat (responsive), dan komunikasi yang disampaikan lebih jelas
(comunicative). Dampak promosi terhadap peningkatan jumlah nasabah di BSI
KCP Nganjuk kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luhur Prasetyo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 05 Dec 2024 07:36
Last Modified: 05 Dec 2024 07:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31237

Actions (login required)

View Item View Item