Putri, Kristyani (2022) Strategi Pemasaran Pembiayaan Murabahah Produk Cicil Emas Di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jember. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
402180051_Kristyani Putri_Perbankan.pdf Download (966kB) | Preview |
Abstract
Strategi pemasaran di BSI KCP Jember Ambulu sudah dilakukan dengan
maksimal melalui berbagai media namun nasabah Cicil Emas belum mengalami
peningkatan yang signifikan. Rumusan Masalah dalam penelitian ini pertama,
Bagaimana strategi pemasaran produk pembiayaan murabahah pada Cicil Emas
Bank Syariah Indonesia Jember. Kedua, Mengapa strategi pemasaran produk
pembiayaan murabahah Cicil Emas pada Bank Syariah Indonesia Jember belum
maksimal,dan Ketiga bagaimana kendala yang dihadapi dalam menerapkan
strategi pemasaran pembiayaan murabahah pada produk Cicil Emas. Adapun jenis
penelitian yang digunakan penulis yaitu pendekatan kualitatif dan jenis penelitian
(field research), teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi
(pengamatan), dan dokumentasi
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran
Cicil Emas di Bank Syariah Indonesia Jember. strategi pemasaran produk
pembiayaan murabahah Cicil Emas pada Bank Syariah Indonesia Jember belum
maksimal. kendala yang dihadapi dalam menerapkan strategi pemasaran
pembiayaan murabahah pada produk Cicil Emas.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan pertama strategi pemasaran yang
diterapkan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Jember Ambulu pada produk BSI
Cicil Emas adalah segmentasi pasar berdasarkan segmentasi demografis dan
geografis, penetapan target pasar ialah semua masyarakat yang berpenghasilan
tetap dan kalangan menengah keatas yang mempunyai keinginan untuk memiliki
emas batangan dengan mudah, aman dan fleksibel atau emas bisa diuangkan
sewaktu-waktu, penetapan posisi pasar yaitu dengan memberikan pelayanan yang
cepat, persyaratan yang mudah, dan ditujukan kepada semua masyarakat yang
akan melakukan pembiayaan cicil emas. Kedua Strategi pemasaran yang
dilakukan BSI KCP Jember Ambulu belum maksimal karena kurangnya SDM
yang mumpuni dan belum memiliki marketing khusus Cicil Emas. Ketiga
kendala yang dihadapi dalam menerapkan strategi pemasaran pembiayaan
murabahah pada produk Cicil Emas yaitu kendala internal dan eksternal, kendala
internal berasal dari dalam lingkungan BSI KCP Jember Ambulu sendiri yaitu
belum adanya marketing khusus BSI Cicil Emas dan kendala eksternalnya
kurangnya pengetahuan dan minat masyarakat tentang Cicil Emas ini dan
masyarakat lebih mementingkan kebutuhan primer terlebih dahulu
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Faruq Ahmad Futaqi |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 07:28 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 07:28 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31234 |
Actions (login required)
View Item |