Azizah, Prastika Wafik (2022) Efektivitas Layanan Quick Response Code Indonesian Standard Dalam Meningkatkan Penghimpunan Dana Zakat Di Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Pembantu Syariah Karanganyar Pada Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
402180073_Prastika Wafik Azizah_Perbankan Syariah.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
uick Response Code Indonesian Standard (QRIS) merupakan teknologi
layanan digital yang diluncurkan oleh Bank Indonesia untuk memfasilitasi
masyarakat dalam kegiatan transaksi pembayaran non tunai. Pandemi covid-19
yang menjangkit masyarakat seluruh dunia sejak akhir tahun 2019 ini telah
berdampak pada penghimpunan dana zakat yang semakin menurun. BTN KCPS
Karanganyar sebagai salah satu Kantor Cabang Pembantu Syariah (KCPS) dari
BTN Syariah telah menyediakan layanan QRIS sejak April tahun 2021 dengan
tujuan untuk memfasilitasi masyarakat dalam pembayaran zakat serta
meningkatkan penghimpunan dana zakat. Akan tetapi dalam pelaksanaannya,
QRIS BTN KCPS Karanganyar belum efektif untuk meningkatkan penghimpunan
dana zakat, dinilai berdasarkan total penghimpunan dana zakat yang masuk serta
literasi dan minat masyarakat untuk melakukan transaksi pembayaran zakat
menggunakan QRIS yang masih rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan, mekanisme
pelaksanaan, serta capaian layanan QRIS dalam meningkatkan penghimpunan
dana zakat di BTN KCPS Karanganyar pada msa pandemi covid-19. Penelitian ini
termasuk ke dalam penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif, serta
menggunakan metode analisis induktif dengan teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa BTN KCPS Karanganyar telah
menetapkan target untuk meningkatkan penghimpunan dana zakat melalui QRIS,
sedangkan dalam mekanisme pelaksanaannya, layanan QRIS BTN KCPS
Karanganyar telah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Bank Indonesia
pada Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 21/18/PADG/2019 serta
Asosiasi Sisitem Pembayaran Indonesia (ASPI) tentang Standar Pengoperasian
QRIS. Dalam pencapaiannya, QRIS BTN KCPS Karanganyar dinilai belum
efektif untuk meningkatkan penghimpunan zakat yang dinilai berdasarkan tolok
ukur pencapaian tujuan, integritas, dan kemampuan adaptasinya
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Unun Roudlotul Jannah |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 07:18 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 07:18 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31231 |
Actions (login required)
View Item |