Widiastutik, Niki (2022) Efektivitas Personal Selling Pada Produk Tabungan iB Hijrah Rencana Dalam Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
402180067_NIKI WIDIASTUTIK_PERBANKAN SYARIAH.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penjualan pribadi (personal selling) merupakan promosi penjualan yang
dilakukan melalui pribadi karyawan bank dalam mempengaruhi konsumen, oleh
karena itu tujuan yang diharapkan dari penjualan pribadi adalah menggairahkan
minat pelanggan dan pada akhirnya pelanggan akan tertarik dengan apa yang
ditawarkan. Bank Muamalat Kcp Ponorogo dalam memasarkan produk tabungan
menggunakan jenis promosi personal selling, terutama dalam produk tabungan
iB hijrah rencana. Masyarakat mengetahui tabungan iB hijrah rencana dari
customer service ketika masyarakat datang ke bank. Namun kenyataanya,
personal selling yang dilakukan pihak customer service yang sudah baik dan
tertata belum sepenuhnya mampu untuk menambah pengetahuan masyarakat
sehingga membuat masyarakat tidak tertarik untuk melakukan pembukaan pada
produk tabungan ib hijrah rencana. Sehingga perlu dilakukan penelitian
bagaimana efektivitas personal selling pada produk tabungan ib hijrah rencana
dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat di Bank Muamalat Indonesia
Kantor Cabang Pembantu Ponorogo. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah: 1) Bagaimana penerapan personal Selling Yang Bank Muamalat KCP
Ponorogo Pada Tabungan iB Hijrah Rencana Dalam Meningkatkan Pengetahuan
Masyarakat Ponorogo? 2) Bagaimana efektivitas Personal Selling Pada Tabungan
iB Hijrah Rencana Di Bank Muamalat KCP Ponorogo Dalam Meningkatkan
Pengetahuan Masyarakat Ponorogo? 3) Bagaimana kendala Dalam Personal
Selling Pada Tabungan iB Hijrah Rencana Di Bank Muamalat KCP Ponorogo
Dalam Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Ponorogo?
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif. Data dan sumber data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa 1) Bank Muamalat
Ponorogo sepenuhnya menerapkan personal selling dalam memasarkan dan
menawarkan produk tabungan ib hijrah rencana. Melalui customer service pada
saat masyarakat datang ke bank. 2) personal selling yang diterapkan Bank
Muamalat Ponorogo dikatakan belum efektif dalam meningkatkan pengetahuan
masyarakat Ponorogo, dengan ukuran efektif dari tujuan personal selling yang ada
di Bank Muamalat KCP Ponorogo. Bahwa tujuan dari personal selling di Bank
Muamalat Ponorogo yaitu diharapkan mampu menambah pengetahuan
masyarakat mengenai produk bank, khususnya tabungan ib hijrah rencana. 3)
Dalam melakukan personal selling produk tabungan ib hijrah rencana, Bank
Muamalat Ponorogo mengalami kendala. Salah satu kendala yang dialami pada
customer service, yaitu kurangnya waktu dalam melakukan penawaran produk
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Faruq Ahmad Futaqi |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 07:11 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 07:11 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31228 |
Actions (login required)
View Item |