Pengembangan Buku Ajar Berbasis Science Education for Sustainability Untuk Menumbuhkan Sikap Kepedulian Lingkungan Siswa Di MTsN 1 Ponorogo

Geraldatama, Brilliant (2022) Pengembangan Buku Ajar Berbasis Science Education for Sustainability Untuk Menumbuhkan Sikap Kepedulian Lingkungan Siswa Di MTsN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Skripsi Brilliant Geraldatama 207180077.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Terus meningkatnya taraf kehidupan maka memicu kesadaran manusia untuk senantiasa menuntut ilmu, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya sekolah formal yang berdiri, guna menjadi tempat menuntut ilmu bagi umat manusia. Dengan adanya pendidikan formal yang sistematis membuka jendela baru untuk lebih mengeksploitasi alam guna meningkatkan taraf kehidupan manusia untuk menjadi lebih baik. Dengan adanya ilmu-ilmu yang terus berkembang tersebut dan sifat manusia yang serakah yang mengeksploitasi alam ini tanpa batas, pada akhirnya membuka atau menciptakan masalah baru dengan hubungan sebab akibat yang sama sekali tidak sederhana, yaitu adalah kerusakan lingkungan yang terjadi di banyak belahan bumi yang ditinggali manusia.
Dilaksanakannya penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap kepedulian lingkungan pada tiap individu, agar manusia bisa memanfaatkan alam ini tanpa merusak alam yang sudah ada. Buku ajar berbasis science education for sustainability untuk siswa SMP adalah salah satu bentuk nyata sikap untuk mempromosikan, mengenalkan, dan juga menumbuhkan sikap kepedulian lingkungan bagi generasi muda yang akan menjadi penerus bagi kehidupan manusia yang akan datang.
Pengembangan buku ajar ini menggunakan metode Dengan tahapan 4D, yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Disseminate).
Buku ajar ini terbukti dapat mmeningkatkan sikap kepedulian lingkungan siswa, dalam tahap validasi buku ajar ini dinyatakan valid oleh para validator ahli di bidang pendidikan, dari sekor kepraktisan buku ajar ini memperoleh nilai 86% melalui penyebaran angket yang diisi oleh para peserta didik, dan dinyatakan praktis, dari segi keefektifan buku ajar ini memperoleh nilai taraf signifikansi 0.00 < 0.05 melalui uji paired T test dengan data sample pre-test post test kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 05 Dec 2024 07:12
Last Modified: 05 Dec 2024 07:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31226

Actions (login required)

View Item View Item