Zahra’, Chositta Maratu (2022) Efektivitas Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) Berbasis Literasi Sains Terhadap Kemampuan Presentasi Peserta Didik. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
SKRIPSI DUMMY 207180016 CHOSITTA MARATU ZAHRA' (2).pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran IPA di sekolah cenderung berfokus untuk memberikan kesempatan pada peserta didik agar aktif dalam menemukan sendiri konsep-konsep keilmuan sekaligus mengembangkan kemampuan yang dimiliki peserta didik salah satunya adalah kemampuan presentasi. Sehingga guru IPA diharapkan kreatif dan inovatif dalam menerapkan model pembelajaran. Salah satu yang dapat diterapkan seperti model SAVI berbasis pendekatan literasi sains, karena literasi sains dan SAVI merupakan pembelajaran yang berfokus pada proses peserta didik dalam menemukan informasi hingga mengomunikasikannya secara aktif.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, dan (2) aktivitas peserta didik pada pembelajaran model SAVI berbasis literasi sains, serta (3) mengetahui efektivitas model pembelajaran SAVI berbasis literasi sains terhadap kemampuan presentasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain penelitian Posttest Only Non-equivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII tahun pelajaran 2021/2022 di MTs Ma’arif Klego, yaitu kelas VIII A dengan 21 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B dengan 20 peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian kemampuan presentasi, lembar observasi kemampuan presentasi, lembar observasi aktivitas peserta didik dan lembar observasi keterlaksanaan pada model SAVI. Data kemudian dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-test.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) keterlaksanaan pembelajaran dengan model SAVI berbasis literasi sains memperoleh hasil sebesar 92,50% yang termasuk kategori sangat baik, (2) aktivitas peserta didik pada pembelajaran model SAVI berbasis literasi sains termasuk dalam kategori sangat baik sebesar 90,60%, (3) Model pembelajaran SAVI berbasis literasi sains efektif untuk meningkatkan kemampuan presentasi peserta didik di MTs Ma’arif Klego. Dibuktikan dengan hasil uji hipotesis diketahui bahwa signifikansi kemampuan presentasi adalah 0,000 sehingga H0 ditolak. Besar persentase rata-rata tes pada kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol berarti bahwa kemampuan presentasi kelas eksperimen (rata-rata 69,33% kategori baik) yang menggunakan model pembelajaran SAVI berbasis literasi sains lebih baik daripada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional (rata-rata 47,40% kategori cukup).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Faninda Novika Pertiwi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 07:57 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 07:57 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31215 |
Actions (login required)
View Item |