Febriati, Eli (2022) Pengaruh Harga dan kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Swalayan A3 Mart Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
SKRIPSI ELI FEBRIATI A5 setor perpus.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Keputusan pembelian ialah suatu tindakan atau perilaku konsumen jadi atau tidaknya melakukan suatu pembelian atau transaksi, banyak tidaknya jumlah konsumen dalam mengambil keputusan menjadi salah satu penentu tercapai atau tidaknya tujuan perusahaan.Secara teori semakin rendah harga suatu barang maka semakin banyak permintaan terhadap barang tersebut.Berdasarkan observasi awal penelitian pada Swalayan A3 Mart Ponorogo beberapa konsumen mengatakan bahwa harga pada Swalayan A3 Mart tergolong mahal namun tetap banyak yang beli karna memang kebutuhan untuk sehari-hari.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1)Apakah harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Swalayan A3 Mart Ponorogo, (2) Apakah kepercayaan berpengaruhterhadap keputusan pembelian pada Swalayan A3 Mart Ponorogo, (3) Apakah harga dan kepercayaan berpengaruhterhadap keputusan pembelian pada Swalayan A3 Mart Ponorogo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kepercayaan baik secara parsial maupun simultanterhadap keputusan pembelianpada Swalayan A3 Mart Ponorogo. Penelitian ini dirancang menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel 49 responden dengan menggunakan Iccendental Sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi : uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh antara variabel harga terhadap keputusan pembelian pada Swalayan A3 Mart Ponorogo ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabelsebesar 4,974 > 2,012 dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05, (2) Tidak terdapat pengaruh antara variabel kepercayaan terhadap keputusan pembelian pada Swalayan A3 Mart Ponorogo ditunjukkan dengan nilai thitung < ttabel sebesar1,993 < 2,012 dengan nilai signifikansi 0,052 > 0,05, (3) Terdapat pengaruh secara simultan antara variabel harga dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian pada Swalayan A3 Mart Ponorogo, ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dengan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,605 yang berarti bahwa variasi variabel bebas dapat menjelaskan variabel terikat sebesar 60,5% sedangkan sisanya 39.5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Luhur Prasetyo |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 06:29 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 06:29 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31213 |
Actions (login required)
View Item |