Implementasi Islamic Service Excellence Untuk Meningkatkan Customer Satisfaction Pada Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Pembantu (KCP) Mojoagung

Sadiyah, Hanifatus (2022) Implementasi Islamic Service Excellence Untuk Meningkatkan Customer Satisfaction Pada Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Pembantu (KCP) Mojoagung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HANIFATUS SADIYAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Makin pesatnya perkembangan bank syariah dan tren gaya hidup yang islami mendorong setiap bank syariah untuk semakin gencar meningkatkan dan menyediakan produk dan layanan unggul yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Melalui hal tersebut, peneliti menemukan permasalahan mengenai bagaimana implementasi Islamic service excellence untuk meningkatkan customer satisfaction, faktor apa saja yang melatarbelakangi implementasi Islamic service excellence, dan bagaimana dampak dari penerapan Islamic service excellence terhadap customer satisfaction khususnya pada Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Pembantu (KCP) Mojoagung.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi, hasil data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan pola berpikir induktif dan dicek keabsahan datanya menggunakan teknik tringulasi sumber.
Adapun hasil kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu dimensi compliance with Islamic law (kesesuaian dengan hukum syariat Islam), assurance (jaminan), reliability (kehandalan), tangible (bukti fisik/penampilan), empathy (kepedulian), dan responsiveness (Ketanggapan) pelayanan telah diterapkan dengan baik oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Pembantu (KCP) Mojoagung dan dapat memberikan dampak kepuasan bagi nasabah. Hal tersebut membuat nasabah semakin menaruh kepercayaanya untuk tetap melanjutkan transaksi keuanganya di Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Pembantu (KCP) Mojoagung kedepanya. Namun pada segi penampilan/bukti fisik (tangible) masih belum diterapkan secara maksimal karena masih belum tersedianya fasilitas pendukung yang mencerminkan citra pelayanan dari suatu lembaga jasa berbasis syariah yakni diputarnya lantunan ayat suci Al-Qur’an dalam ruangan banking hall.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mansur Azis
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 05 Dec 2024 06:22
Last Modified: 05 Dec 2024 06:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31210

Actions (login required)

View Item View Item