Baits Fadlilatuzzahro, Niza (2024) Implementasi Pendekatan Sosio Emosional Guru Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Al-Islam Joresan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200361_Niza Baits Fadlilatuz Zahra_PAI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Zahra, Niza Baits Fadlilatuz. 2024. Implementasi Pendekatan Sosio Emosional Guru Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Al-Islam Joresan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Syaiful Arif, M.Pd.
Kata Kunci: Pendekatan Sosio Emosional, Konsentrasi Belajar
Pendekatan dalam pembelajaran berfungsi sebagai suatu pedoman guru dalam perencanaan proses belajar mengajar. Melalui pendekatan sosio emosional, interaksi antara guru dan peserta didik akan terjalin dengan positif dan guru mampu memberikan dorongan motivasi dan menjaga komunikasi dengan peserta didik dalam berlangsungnya proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan implementasi pendekatan sosio emosional guru di Madrasah Aliyah Al-Islam Joresan., (2) mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi konsentrasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Al-Islam Joresan., dan (3) mendeskripsikan dampak pendekatan sosio emosional guru terhadap konsentrasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Al-Islam Joresan.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan yaitu dengan menggunakan sebuah pendekatan kualitatif studi kasus. Dalam proses pengumpulan data penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Adapun teknik dalam analisis data yang digunakan oleh peneliti disini yaitu menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) implementasi pendekatan sosio emosional guru di Madrasah Aliyah Al-Islam Joresan sudah bagus. Meskipun belum sepenuhnya berhasil, hubungan antara guru dengan peserta didik menjadi dekat dan akrab serta peserta didik merasa nyaman dan tidak sungkan ataupun takut jika akan bertanya maupun mengeluarkan pendapatnya., (2) faktor yang dapat mempengaruhi konsentrasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Al-Islam Joresan yaitu minat siswa terhadap materi, kondisi fisik, suasana kelas, dan metode pengajaran yang digunakan, pentingnya variasi metode dapat membantu meningkatkan dan mempertahankan konsentrasi siswa, peran lingkungan belajar suasana kelas yang kondusif dan nyaman sangat penting dalam mendukung konsentrasi siswa, kebutuhan individual. Adapun beberapa faktor eksternal anak, seperti masalah pribadi anak., dan (3) dampak sosio emosional yang dilakukan guru terhadap konsentrasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Al-Islam Joresan dapat memberikan dampak yang baik. Pendekatan sosio emosional pada dasarnya merupakan suatu pendekatan agar terjalin hubungan baik antara guru dan siswa. Penerapan sosio emosional dalam pembelajaran, dapat membangun hubungan yang positif antara guru dan siswa. Pendekatan sosio-emosional memiliki dampak pada dalam manajemen kelas Setelah terjalinnya pendekatan ini membantu membangun hubungan yang baik antara guru dan siswa, serta antar siswa, menciptakan lingkungan belajar yang lebih nyaman dan mendukung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Syaiful Arif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 07:11 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 07:11 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31209 |
Actions (login required)
View Item |