Suwito, Agus (2024) Peningkatan Kedisiplinan Siswa Melalui Program Taruna dan Taruni di SMK PGRI 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
206200051 Agus Suwito Manajemen Pendidikan Islam.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Suwito, Agus. 2024. Peningkatan Kedisiplinan Siswa melalui Program Taruna dan Taruni di SMK PGRI 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing:Wilis Werdiningsih, M.Pd.I.Kata Kunci: Kedisiplinan, taruna dan taruni di SMK, pembentukan karakter.Pendidikan karakter di era sekarang merupakan hal yang penting untuk dilakukan mengingat banyak kejadian yang mempengaruhi perubahan karakter yang signifikan terhadap siswa. Pentingnya kedisiplinan dalam dunia pendidikan sangat menentukan kualitas pendidikan di sekolah. Oleh sebab itu saat ini khususnya di SMK PGRI 2 Ponorogo berupaya untuk meningkatkan kedisiplinan siswa melalui program taruna dan taruni. Peningkatan kedisiplinan siswa melalui program taruna dan taruni bertujuan untuk mendidik karakter sikap dan perilaku siswa untuk menghindari terjadinya perilaku yang tidak patuh terhadap tata tertib dan peraturan di sekolah.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pelaksanaan program taruna dan taruni dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMK PGRI 2 Ponorogo. (2) faktor pendukung dan penghambat program taruna dan taruni di SMK PGRI 2 Ponorogo. (3) hasil program taruna dan taruni dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMK PGRI 2 Ponorogo.Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatifpendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan kondensasi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, keberhasilan dari peningkatan kedisiplinan siswa melalui program taruna dan taruni yaitu dalam pelaksanaan mulai dari rekrutmen, seleksi, pelatihan dan pelantikan serta dinyatakan sah sebagai tauna dan taruni. Selanjutnya faktor pendukung dalam peningkatan kedisiplinan siswa dalam program taruna dan taruni yaitu motivasi siswa yang mengikuti program, dukungan sekolah yang memberikan fasilitas yang dibutuhkan oleh taruna dan taruni dan keadaan sehat jasmani dan rohani peserta didik dalam mengikuti pelatihan untuk membentuk karakter peserta didik menjadi disiplin. Faktor penghambat dalam program yaitu kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti program dan tidak mempersiapkan diri, keadaan fisik yang tidak diperhatikan dalam mengikuti program serta faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi dalam pelaksanaan program. Hasil dalam peningkatan kedisiplinan siswa melalui program taruna dan taruni, anggota taruna dan taruni akan terlihat berbeda dengan siswa lainya dari disiplin, tanggung jawab, serta sikap dan perilaku yang bagus terhadap peraturan sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Wilis werdiningsih |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 06:01 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 06:01 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31205 |
Actions (login required)
View Item |