Efektivitas Model Pembelajaran GI (Group Investigation) berbasis Science Literacy terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa

Martiwi, Erlyza (2022) Efektivitas Model Pembelajaran GI (Group Investigation) berbasis Science Literacy terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ERLYZA MARTIWI TIPA 207180080.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA menuntut siswa untuk aktif dan mandiri dalam memecahkan soal ataupun masalah. Pembelajaran IPA yang dilakukan oleh guru di sekolah sebelumnya kurang inovatif. Hal ini membuat keaktifan serta hasil belajar siswa kurang maksimal, sehingga berpengaruh pada kemampuan berpikir analitis siswa. Berdasarkan hal tersebut, dibutuhkan model pembelajaran Group Investigation berbasis Science Literacy pada pembelajaran IPA.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation berbasis Science Literacy terhadap kemampuan berpikir analitis siswa, 2) aktivitas siswa yangg mengalami pembelajaran Group Investigation berbasis Science Literacy, 3) perbedaan kemampuan berpikir analitis siswa yang signifikan antara model pembelajaran Group Investigation berbasis pendekatan Science Literacy dengan tanpa model pembelajaran Group Investigation berbasis pendekatan Science Literacy.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian quasi experimental. Penelitian dilakukan pada kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, dan soal tes kemampuan berpikir analitis. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong. Pada penelitian ini analitis data yang digunakan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji-t).
Berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran yang menggunakan model tersebut menunjukkan ketercapaian sebesar 79% pada pertemuan pertama dan 86% pada pertemuan kedua, serta aktivitas siswa mengalami rata-rata keaktifan sebesar 66% pada petemuan pertama dan 80% pada pertemuan kedua. Uji efektivitas perbedaan penggunaan model pembelajaran Group Investigation berbasis Science Literacy terhadap kemampuan berpikir analitis siswa, di dapatkan nilai hasil uji 1-tailed menunjukkan nilai signifikansi 0,000 <0,005 dan uji 2-tailed 0,000 <0,005, menunjukkan bahwa model Group Investigation berbasis Science literacy efektif terhadap kemampuan berpikir analitis siswa serta terdapat perbedaan kemampuan berpikir analitis siswa kelas eksperimen dan kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faninda Novika Pertiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 05 Dec 2024 04:31
Last Modified: 05 Dec 2024 04:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31202

Actions (login required)

View Item View Item