Utami, Anita Putri (2022) Komunikasi Bank dalam Membangun Budaya Menabung (Studi pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
402180010 ANITA PUTRI UTAMI PERBANKAN SYARIAH.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
402180010 ANITA PUTRI UTAMI PERBANKAN SYARIAH.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Komunikasi sangat dibutuhkan oleh setiap individu maupun kelompok dalam berinteraksi. Tanpa adanya komunikasi masyarakat tidak mungkin terbentuk, sebaliknya tanpa masyarakat maka manusia tidak mungkin dapat mengembangkan komunikasi. Komunikasi sangat penting adanya di dalam sebuah lembaga salah satunya di Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun. Berdasarkan hasil wancara yang dilakukan pada nasabah dapat dikatakan bahwa komunikasi di Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun sudah baik, namun CS lalai menginformasikan kelebihan serta fitur layanan lainnya yang ada di dalam produk tersebut sehingga kurang memengaruhi nasabah untuk melakukan transaksi di Bank terutama dalam hal menabung. Hal ini tidak sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Harold Laswell bahwa komunikasi didefinisikan sebagai : Siapa Mengatakan Apa Melalui Saluran Apa Kepada Siapa Dengan Efek Apa?.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup pola komunikasi bank, narasi bahasa komunikasi, dan dampak narasi bahasa komunikasi terhadap budaya menabung di Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun. Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pola komunikasi yang digunakan di Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun dalam membangun budaya menabung ada 4 yaitu pola komunikasi primer, linear, sekunder dan sirkular. Narasi bahasa komunikasi yang diterapkan oleh Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun yaitu telah menggunakan bahasa yang baik, mudah dipahami dan sesuai dengan script yang dianjurkan oleh bank, namun pada bagian CS narasi yang digunakan masih kurang maksimal yaitu ditunjukkan dengan lalainya CS dalam menyampaikan kelebihan produk serta fitur layanan lainnya. Dampak yang ditimbulkan dari diterapkannya narasi komunikasi bahasa tersebut yaitu kurang terciptanya pengetahuan dan pemahaman nasabah terhadap produk sehingga kurang menimbulkan minat nasabah untuk menabung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Iza Hanifuddin |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 03:30 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 03:30 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31191 |
Actions (login required)
View Item |