Saputra, Wanda Nur (2024) Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang (Crossword Puzzle) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMPN 3 Mojokerto. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
UPLOAD E-THESIS_WANDA NUR SAPUTRA_208200041.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran IPS sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari, sebagai sarana dalam meningkatkan pola pikir dan kesadaran berkembangnya budaya, sarana dalam pengenalan pola-pola hubungan dan proses generalisasi pengalaman. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak kendala yang terdapat dalam proses belajar IPS, salah satunya yaitu kendala dalam menerapkan media pembelajaran teka-teki silang (Crossword Puzzle) dalam materi IPS. Penyebabnya masih banyak kegiatan pembelajaran IPS yang masih menggunakan model konvensional, dimana kurang efektif dalam kegiatan pembelajaran. Upaya untuk mengatasi hal tersebut peneliti melakukan penelitian terhadap pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran teka-teki silang (Crossword Puzzle).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media teka-teki silang (Crossword Puzzle) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 3 Mojokerto. Mengetahui hasil belajar siswa yang sudah diberikan perlakuan media pembelajaran teka-teki silang (Crossword Puzzle). Peneliti ingin meneliti hasil belajar siswa khususnya aspek kognitif lebih spesifik pada C1-C3.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Pengambilan data dilakukan dengan cara melakukan dokumentasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Data penelitian diolah dan dilakukan uji hipotesis berupa uji Independent t Test dan Uji N-Gain.
Hasil penelitian ini yaitu kemampuan hasil belajar siswa terdapat peningkatan antara sebelum dan sesudah diberikan model pembelajaran teka-teki silang (Crossword Puzzle). Pre-test memperoleh rata-rata nilai 58,50 sedangkan pada post-test diperoleh rata-rata nilai 75,93. Pada uji hipotesis independent t tes memperoleh nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,013. Dikarenakan nilai signifikansi < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Pada N-Gain score, menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain score untuk kelas kontrol yang tanpa menggunakan perlakuan media pembelajaran teka-teki silang (Crossword Puzzle) adalah sebesar 35% termasuk dalam kategori tidak efektif. Sementara untuk rata-rata N-Gain score untuk kelas eksperimen yang menggunakan perlakuan media pembelajaran Teka-teki Silang (Crossword Puzzle) adalah sebesar 59% termasuk dalam kategori cukup efektif Untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar IPS Siswa kelas VIII..
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Risma Dwi Arisona |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 04:07 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 04:07 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31186 |
Actions (login required)
View Item |