Analisis Proses dan Pola Komunikasi Bisnis dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan di CV. Eka Cakrawala Cemerlang Ponorogo

Saputro, Ristanto Edi (2022) Analisis Proses dan Pola Komunikasi Bisnis dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan di CV. Eka Cakrawala Cemerlang Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401180301_Ristanto Edi Saputro_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam perusahaan pastinya terdapat tenaga kerja atau karyawan.
Karyawan dalam perusahaan tersebut biasanya di bagi dalam berbagai
bagian/devisi. Seperti hal nya pada perusahaan CV. Eka Cakrawala Cemerlang
Ponorogo yang membagi karyawan ke dalam berbagai bagian/devisi.
Berdasarkan observasi dan wawancara komunikasi di CV. Eka Cakrawala
Cemerlang Ponorogo masih sering mengalami miskomunikasi yang menyebabkan
kendala oprasional saat dilapangan. Seperti salah data pesanan produk dan proses
saat pengiriman produk.
Berangkat dari latar belakang masalah tersebut, rumusan masalah yang
diteliti oleh penulis adalah pertama, Bagaimana proses komunikasi bisnis dalam
meningkatkan kinerja karyawan di CV. Eka Cakrawala Cemerlang Ponorogo.
Kedua, Bagaimana pola komunikasi bisnis dalam meningkatkan kinerja karyawan
di CV. Eka Cakrawala Cemerlang Ponorogo. Ketiga, Bagaimana dampak proses
dan pola komunikasi bisnis dalam meningkatkan kinerja karyawan di CV. Eka
Cakrawala Cemerlang Ponorogo.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan (field
research) yang dilaksanakan di CV. Eka Cakrawala Cemerlang Ponorogo.
Kemudian peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data
yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, yaitu pimpinan,
kepala devisi, dan karyawan.
Setelah melakukan kegiatan penelitian di CV. Eka Cakrawala Cemerlang
Ponorogo, dapat disimpulkan. Pertama proses komunikasi di sudah berjalan baik,
namun untuk kegiatan briefing dengan tim merketing perlu ditingkatkan dan
penjadwalan kegiatan rapat dan briefing perlu dilakukan. Kedua pola komunikasi
belum berjalan dengan baik khususnya pola komunikasi horizontal masih sering
terjadi miskomunikasi, dan komunikasi diagonal jarang dilakukan. Sedangkan
untuk komunikasi atas ke bawah dan komunikasi bawah ke atas sudah berjalan
dengan baik. Ketiga dampak proses dan pola komunikasi yaitu komunikasi
berjalan lancar akan meningkatkan kinerja karyawan, sedangkan sebaliknya
komunikasi terhambat juga menghambat kinerja karyawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ely Masykuroh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 05 Dec 2024 02:17
Last Modified: 05 Dec 2024 02:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31180

Actions (login required)

View Item View Item