Profil Level Kemampuan Metakognisi Dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Masalah Pada Pembelajaran IPA Berdasarkan Perbedaan Gender

Nusaibah, Salwa (2022) Profil Level Kemampuan Metakognisi Dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Masalah Pada Pembelajaran IPA Berdasarkan Perbedaan Gender. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Skripsi Salwa Nusaibah 207180056.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Metakognisi memiliki peran dalam mengatur dan memantau proses-proses kognitif seseorang dalam berpikir dan belajar. Peserta didik dapat menyelesaikan soal dengan baik apabila menerapkan strategi metakognisi, dimana untuk memilih cara dalam menyelesaikan soal peserta didik memanfaatkan pengetahuan awalnya dengan baik sehingga bisa mencermati soal yang akhirnya dapat menyelesaikan masalah dengan baik. Setiap peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam memahami materi pembelajaran. Dimana antara peserta didik laki-laki dan perempuan memiliki cara yang berbeda dalam proses berpikirnya, begitu juga dalam memecahkan suatu masalah.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan level kemampuan metakognisi peserta didik laki-laki dalam menyelesaikan soal berbasis masalah pada pembelajaran IPA dan 2) mendeskripsikan level kemampuan metakognisi peserta didik perempuan dalam menyelesaikan soal berbasis masalah pada pembelajaran IPA.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Islam dengan mengambil dua belas subjek, yaitu enam subjek laki-laki dan enam subjek perempuan. Pemilihan subjek berdasarkan pada nilai hasil belajar peserta didik yang dibatasi oleh suatu standar deviasi tertentu. Penelitian ini menggunakan tes tertulis dan wawancara sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Serta teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan langkah pertama reduksi data kemudian penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian diketahui bahwa terdapat perbedaan level kemampuan metakognisi antara peserta didik laki-laki dan perempuan. 1) Peserta didik laki-laki kategori tinggi berada pada level strategic use, peserta didik laki-laki kategori sedang berada pada level aware use dan peserta didik laki-laki dengan kategori rendah berada pada level tacit use. 2) Peserta didik perempuan kategori tinggi berada pada level reflective use, peserta didik perempuan kategori sedang berada pada level strategic use dan peserta didik perempuan kategori rendah berada pada level aware use.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faninda Novika Pertiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 04 Dec 2024 07:54
Last Modified: 04 Dec 2024 07:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31141

Actions (login required)

View Item View Item