Rahmayani, Elya Shofa (2022) Analisis Kemampuan Siswa Dalam Membuat Kesimpulan Dari Hasil Praktikum di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
SKRIPSI SOFT FILE WATERMARK.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan membuat kesimpulan merupakan suatu kemampuan yang berasal dari akal pikiran manusia yang berupa pengetahuan yang telah dimilki dari hasil penemuan yang sudah dilakukan. Melalui kemampuan membuat kesimpulan ini, seorang siswa diharapkan mampu menarik hasil dari apa yang telah ditemukan berdasarkan gagasan dan pikiran yang mereka miliki tentang sebuah peristiwa dan pengetahuan ilmiah yang ada di alam sekitar ataupun persoalan yang ada atau yang telah diamati. Kemampuan ini penting bagi siswa dalam rangka peningkatan cara berpikir siswa agar menjadi lebih baik sehingga siswa tidak mengalami kesulitan untuk menarik hasil dari sebuah pengamatan yang sudah dilakukannya. Selain itu, semakin baiknya kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan, maka pembelajaran di kelas terutama dalam pembelajaran IPA semakin lebih bermakna.
Penulis akan membahas yang berkaitan dengan Analisis Kemampuan Siswa Dalam Membuat Kesimpulan Dari Hasil Praktikum yang bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan dari hasil praktikum. 2) Menyebutkan faktor yang mempengaruhi kemampuan peserta didik dalam membuat kesimpulan dari hasil praktikum. 3) mendeskripsikan keterkaitan atau hubungan dari kemampuan peserta didik dalam membuat kesimpulan yang diperoleh dari hasil praktikum.
Dalam hal ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun dalam analisis data, penulis menggunakan analisis Miles dan Huberman dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada proses analisis data menggunakan bantuan software QDA Miner Lite sebagai media dalam proses pengkodingan data.
Dari hasil penelitian ini adalah 1) Peserta didik dalam membuat sebuah kesimpulan harus terlebih dahulu memahami definisi dari kesimpulan itu sendiri. Dengan pemahaman peserta didik terhadap definisi dari sebuah kesimpulan maka akan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membuat kesimpulan yang sesuai. 2) Faktor yang mempengaruhi kemampuan peserta didik dalam membuat kesimpulan sangatlah beragam. Ada yang berasal dari diri peserta didik itu sendiri ataupun faktor yang berasal dari luar diri peserta didik. Akan tetapi faktor yang mendominasi kemampuan peserta didik dalam membuat kesimpulan yaitu pemahaman terhadap materi atau bacaan yang dijadikan acuan untuk melakukan suatu percobaan. 3) Kemampuan peserta didik dalam membuat kesimpulan sangatlah berpengaruh terhadap kemampuan peserta didik dalam membuat laporan hasil praktikum. keduanya memiliki sedikit kesamaan yaitu sama-sama hasil dari sebuah ide atau gagasan yang berdasarkan teori atau bacaan. Jika peserta didik sudah terbiasa membuat sebuah kesimpulan dari sebuah bacaan maka ketika peserta didik dituntut untuk membuat sebuah laporan hasil praktikum juga tidak akan terlalu kesulitan sehingga sangatlah diperlukan dari keduanya untuk sering-sering berlatih agar terbiasa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Wirawan Fadly |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 07:50 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 07:50 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31138 |
Actions (login required)
View Item |