Febriyanti, Sella (2022) Implementasi Jaminan Produk Halal Dalam Upaya Perlindungan Konsumen Muslim Studi Kasus Produk Makanan Di Surya Katong Mandiri Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
401180312_SELLA FEBRIYANTI_EKONOMI SYARIAH.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi diera digitalisasi dapat mempermudah seluruh aspek
kehidupan termasuk kepada urusan bisnis dan pengembangan produk. Maka kemudian
kandungan produk dan kehalalannya perlu untuk terus diperhatikan sebagai upaya
perlindungan konsumen terutama di Indonesia yang mayoritas konsumen nya adalah
muslim. Dalam memenuhi segala kebutuhan untuk dikonsumsi, masyarakat muslim
dapat dengan mudah membelinya di swalayan atau ritel syariah, salah satunya yaitu
Surya Katong Mandiri Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk menggali terkait implementasi jaminan produk
halal dalam upaya perlindungan konsumen muslim. Adapun teknik yang digunakan
dalam penelitian penulis merupakan penelitian lapangan menggunakan metode kualitatif
yang dimaksudkan untuk memberikan gambaran tentang suatu keadaan yang terjadi di
masyarakat dan seberapa efektif produk halal ini untuk diimplementasikan dalam dunia
bisnis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi jaminan produk halal di
Surya Katong Mandiri Ponorogo sudah dilakukan secara maksimal, namun produk yang
dijual di swalayan tersebut belum tersertifikasi halal secara keseluruhan khususnya pada
produk makanan milik UMKM seperti roti dan camilan ringan padahal swalayan tersebut
adalah termasuk kategori ritel syariah yang memiliki motto toko berkah, murah, islami.
Faktor yang melatarbelakangi pelaku usaha belum mensertifkasi halal produknya dapat
dipasarkan di Surya Katong Mandiri Ponorogo adalah karena kepala toko memiliki
syarat standar halal selain dari memiliki sertifikasi halal untuk diseleksi yaitu bahan
produk biasa dikonsumsi oleh masyarakat. Kemudian dampak produk halal terhadap
minat pembelian dan peningkatan penjualan produk belum bisa dirasakan perubahannya
karena semua penjualan produk tersebut berdasarkan pada kesadaran konsumen selaku
pihak yang melakukan pembelian produk dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Faruq Ahmad Futaqi |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 07:47 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 07:47 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31137 |
Actions (login required)
View Item |