Ambarsarii, Novita (2022) Perilaku Pedagang di Pasar Wisata Plaosan dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
401180273_Novita Ambarsari_Ekonomi Syariah.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa pedagang di Pasar
Wisata Plaosan Kabupaten Magetan yang disinyalir melakukan perilaku
penyimpangan terhadap Etika Bisnis Islam. Perilaku menyimpang ini rawan terjadi
di pasar tradisional karena rendahnya tingkat pendidikan dan pengetahuan pedagang.
Seorang pedagang muslim hendaknya berdagang dengan cara yang jujur dan adil
serta berpegang pada prinsip etika bisnis Islam. Oleh karena itu, etika bisnis Islam
sangat berperan dalam mengatur perilaku para pedagang. Adapun rumusan masalah
pada penelitian ini yaitu tentang perilaku pedagang, faktor yang mempengaruhi
perilaku pedagang dan dampak perilaku pedagang terhadap kegiatan bisnis. Maka
penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perilaku yang dilakukan
pedagang dan penerapan prinsip-prinsip dalam etika bisnis Islam di Pasar Wisata
Plaosan Kabupaten Magetan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya
adalah penelitian lapangan, data yang dikumpulkan melalu wawancara secara
terstruktur dan tidak terstruktur, selain itu metode pengumpulan data melalui
observasi dan dokumentasi. Metode analisis pada penelitian ini adalah deskripti
kualitatif yaitu dengan menganalisis perilaku pedagang di Pasar Wisata Plaosan
Kabupaten Magetan serta penerapan prinsip-prinsip Etika Bisnis Islam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, sebagian besar pedagang di Pasar
Wisata Plaosan ini memegang kelima prinsip etika bisnis Islam. Walaupun masih ada
beberapa pedagang yang belum menerapkan prinsip tersebut. Dalam hal ini pedagang
telah menerapkan beberapa prinsip yang ada dalam etika bisnis Islam dengan bersifat
jujur, tidak melakukan tindak diskriminasi, penipuan, selalu bersikap adil dalam
memberikan dan melayani pembeli. Pada faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku
pedagang antara lain berasal dari internal yang meliputi motivasi, pengalaman dan
kepribadian. Sedangkan faktor eksternal yakni terdapat pendatang baru atau pesaing,
pemasok serta sosial ekonomi. Dampak perilaku pedagang tersebut dapat
mempengaruhi terhadap kegiatan bisnis antara lain dampak positif bagi aspek sosial
maupun finansial. Serta dampak negatifnya apabila pedagang melakukan pelayanan
yang kurang baik maka akan berdampak pada pendapatan yang akan menurun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Luhur Prasetiyo |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 07:35 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 07:35 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31131 |
Actions (login required)
View Item |