Hamidah, Vina Luthfi (2022) Pola Asuh Orang Tua dalam Mengembangkan Kemandirian Belajar Anak Usia Dini di Desa Mantren Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
SKRIPSI_02.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pola asuh merupakan sikap atau tingkah laku orang tua saat berinteraksi dengan anak. Pola perlakuan orang tua tersebut akan berpengaruh terhadap kemandirian belajar khususnya anak usia dini. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pola perlakuan orang tua terhadap anak usia 5-6 tahun yang ditemukan di Desa Mantren Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan, yaitu: orang tua terlalu memberikan reward kepada anak, orang tua membebaskan anak bermain HP (gadget), orang tua kebanyakan memberikan aktivitas kepada anak, dan orang tua berusaha memberikan setiap permintaan anak. Berdasarkan masalah yang terjadi di lokasi tersebut diharapkan bagi orang tua agar lebih selektif dalam memilih pola asuh yang tepat bagi anak.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pola asuh yang diterapkan orang tua dalam mengembangkan kemandirian belajar anak usia dini, dan (2) mengetahui dampak dari pola asuh yang diterapkan orang tua dalam membangun kemandirian belajar anak usia dini.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif studi kasus, dan bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Desa Mantren Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara secara langsung dan dokumentasi yang menggunakan subjek 4 orang tua dari anak yang berusia 5-6 tahun, dan 2 orang guru PAUD. Analisis data meliputi data reduction, data display, dan conclusion. Data yang diperoleh dari metode tersebut untuk mempermudah penganalisaan data kemudian diinterprestasikan dengan cara berpikir induktif, yaitu berdasarkan data khusus kemudian diambil suatu pemecahan yang bersifat umum, sehingga menghasilkan kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan.
Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan ditemukan bahwa orang tua menggunakan pola asuh otoriter, pola asuh permisif, dan pola asuh demokratis dalam mendidik kemandirian belajar anak usia 5-6 tahun. Meskipun demikian, pola asuh yang sering digunakan adalah pola asuh demokratis. Dari masing-masing pola asuh tersebut memiliki dampak yang berbeda yaitu: pola asuh permisif menghasilkan anak dengan kemandirian belajar mulai berkembang, pola asuh otoriter menghasilkan anak dengan kemandirian belajar yang berkembang sesuai harapan, sedangkan anak dengan pola asuh demokratis memiliki kemandirian belajar yang berkembang sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Safiruddin Al-Baqi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 07:20 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 07:20 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31127 |
Actions (login required)
View Item |