Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Pendekatan Scientific Literacy terhadap Kemampuan Presentasi Siswa

Rahmawati, Dyah Rofiatul (2022) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Pendekatan Scientific Literacy terhadap Kemampuan Presentasi Siswa. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Salinan 207180078_DYAH ROFIATUL RAHMAWATI_T.IPA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Fungsi pendidikan nasional adalah mengembangkan kemampuan, membentuk watak dan membangun peradaban bangsa yang bermartabat. Akan tetapi kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak ketrampilan siswa yang belum dikembangkan dengan maksimal pada saat pembelajaran. Sebagai contoh yaitu kemampuan atau ketrampilan presentasi siswa. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kurang bervariasinya model pembelajaran yang diterapkan, pembelajaran sering berpusat pada guru atau hanya guru yang aktif di kelas sehingga potensi siswa seperti kemampuan presentasi kurang maskimal. Keadaan tersebut dapat diatasi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan scientific literacy pada saat pembelajaran IPA.
Tujuan dari penelitian ini adalah menyajikan deskripsi tentang (1) keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan scientific literacy di MTs N 1 Ponorogo, (2) aktivitas siswa saat pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan scientific literacy di MTs N 1 Ponorogo dan (3) efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan scientific literacy terhadap kemampuan presentasi siswa di MTs N 1 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yaitu quasi eksperimental design. Populasi penelitian merupakan seluruh siswa kelas VII MTs N 1 Ponorogo dengan sampel penelitian kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui pre-test dan post-test berbentuk soal uraian yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data diolah menggunakan uji statistika two tailed dan one tailed yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas dan homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan scientififc literacy di MTs N 1 Ponororgo terlaksana secara baik dengan presentase sebesar 90%. (2) Aktivitas siswa selama pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan scientififc literacy tergolong lebih aktif dengan presentase sebesar 91%. (3) Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan scientific literacy tegolong efektif terhadap kemampuan presentasi siswa dengan hasil uji one tailed memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faninda Novika Pertiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 04 Dec 2024 07:02
Last Modified: 04 Dec 2024 07:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31121

Actions (login required)

View Item View Item