Efektivitas Modal Sosial dalam Pengembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Desa Klorogan Kecamatan Geger Kabupaten Madiun

Sholihah, Jauzatus (2022) Efektivitas Modal Sosial dalam Pengembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Desa Klorogan Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401180228_Jauzatus Sholihah_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berperan penting
terhadap sektor perekonomian di Indonesia, karena sumbangsih dan
perkembangannya yang pesat terhadap kesejahteraan kehidupan
masyarakat.Seperti UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang ada
di Desa Klorogan ini sebagian masyarakat menggantungkan kehidupannya
dalam UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) ini. Pengembangan
UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) perlu ditingkatkan guna
dapat terus menyejahterakan dan berkontribusi pada kehidupan
masyarakat.Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah
bagaimana implementasi modal sosial yang dilakukan pelaku UMKM
(Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Desa Klorogan dan bagaimana
efektivitas modal sosial dalam pengembangan UMKM (Usaha Mikro
Kecil dan Menengah).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
bentuk modal sosial yang dilakukan dan apakah modal sosial yang
dilakukan sudah efektif.
Jenis penelitian ini adalah field research atau penelitian lapangan,
dengan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang
digunakan adalah data primer dan data sekunder. Dengan menggunakan
metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 6 responden.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan,
diperoleh hasil penelitian bahwa modal sosial dalam pengembangan
UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) berpengaruh efektif dan tidak
efektif, modal sosial dalam pengembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil
dan Menengah) kerajinan kulit dan keripik tempe belum berdampak efektif
karena jaringan yang dilakukan belum optimal serta dalam memasarkan
produk masih mengalami kesulitan karena kerajinan yang diproduksi
bukan produk yang diminati oleh semua orang, produk keripik tempe
mengalami persaingan usaha dengan produk yang sama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mansur Azis
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 04 Dec 2024 06:52
Last Modified: 04 Dec 2024 06:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31119

Actions (login required)

View Item View Item