Persaingan Pasar Tradisional dan Modern di Kota Caruban dalam Perspektif Etika Bisnis Islam

Agista, Ghea (2022) Persaingan Pasar Tradisional dan Modern di Kota Caruban dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401180206_GHEA AGISTA_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Maraknya pendirian gerai minimarket yang berdekatan dengan pasar tradisional di sekitaran jalan ngawi caruban menimbulkan persaingan diantara keduanya. Secara tidak langsung hal ini diangap mengancam dan melumpuhkan pertumbuhan pedagang tradisional. Penelitian ini bertujuan mengetahui bentuk persaingan usaha dan kendala dalam menghadapi persaingan yang ada di Kota Caruban. Bentuk persaingan yang ada di pasar tradisional dan modern yang ada di Kota Caruban meliputi empat indikator yaitu Persaingan Harga, Persaingan Produk, Persaingan Pelayanan, dan Persaingan Tempat. Serta strategi apa saja yang digunakan untuk menghadapi persaingan yang terjadi yaitu adalah menurunnya pendapatan pedagang karena munculnya kompetitor, kurangnya modal untuk mengembangkan usaha, dan kebersihan tempat berjualan masih kurang diperhatikan. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam pengambilan data yaitu metode deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan atau research field yaitu survey langsung yang dilakukan peneliti terhadap beberapa informan di pasar sayur bangunsari caruban. Pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan yang peneliti ambil berjumlah 10 orang yang diambil secara acak yang dijadikan sebagai data penelitian dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menghasilkan beberapa pendapat yang berbeda-beda dari masing-masing informan. Empat indikator yang dipersaingkan yaitu dari segi harga, para pedagang mematok harga yang relatif murah dengan menyesuaikan permintaan pasar. Kemudian dari segi produk, pedagang menyediakan barang yang lengkap dan kualitas terbaik. Lalu terdapat persaingan usaha dari segi pelayanan, pedagang berupaya memberikan pelayanan terbaik seperti bersikap ramah dan sopan sehingga pelanggan memberikan kepercayaan sepenuhnya untuk berbelanja kembali disitu. Lalu yang terakhir adalah persaingan usaha dari segi tempat mereka tidak begitu bersaing dan masih dalam batas wajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchtim Humaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 04 Dec 2024 06:35
Last Modified: 04 Dec 2024 06:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31109

Actions (login required)

View Item View Item