Efektivitas Model Inkuiri Dengan Pendekatan Science Education For Sustainable Development Terhadap Kemampuan Membuat Kesimpulan Pada Pembelajaran IPA

Hani’ah, Roudhotul (2022) Efektivitas Model Inkuiri Dengan Pendekatan Science Education For Sustainable Development Terhadap Kemampuan Membuat Kesimpulan Pada Pembelajaran IPA. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Skripsi_ Roudhotul Hani'ah_207180070_T.IPA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan dunia pendidikan menuntut peserta didik untuk berperan aktif, terampil, cermat, dan kreatif dalam menyelesaikan permasalahan. Hal ini berkaitan erat dengan kemampuan proses sains peserta didik. Salah satu kemampuan proses yaitu kemampuan dalam membuat kesimpulan. Penarikan kesimpulan pentin dilakukan untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah diberikan guru. Namun berdsasarkan observasi yang telah dilakukan di MTs Darul Huda, kemampuan peserta didik dalam membuat kesimpulan masih tergolong rendah. Dalam proses pembelajaran, mereka cenderung kurang fokus untuk mendengarkan penjelasan materi, hanya bergantung pada penjelasan materi tanpa mencari informasi dari sumber lain, serta kurang berlatih untuk membuat kesimpulan. Hal tersebut juga berkaitan erat dengan model pembelajaran yang diterapkan guru dalam proses penyampaian materi yakni menggunakan model konvensional. Melalui penerapan model inkuiri dengan pendekatan SESD, peserta didik dapat mengembangkan kemampuannya dalam membuat kesimpulan. Proses penemuan konsep secara mandiri oleh peserta didik akan menjadikan pemahaman mereka terkait materi semakin mendalam. Sehingga, mereka mampu untuk membuat kesimpulan dengan tepat.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas peserta didik selama diterapkan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan SESD, serta mengetahui efektivitas model SESD dengan pendekatan inkuiri terhadap kemampuan peserta didik dalam membuat kesimpulan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian true eksperimental serta desain pretest- posttest only control group. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII MTs Darul Huda Ponorogo. Sedangkan sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII T dan VII Z2 Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi dan tes.
Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, keterlaksanaan pembelajaran saat diterapkan model inkuri dengan pendekatan SESD termasuk kategori sangat baik yakni mencapai 89%. Terkait aktivitas peserta didik saat diterapkan model inkuiri dengan pendekatan SESD yakni mencapai 85% termasuk kategori baik. Hal ini juga berdasarkan obervasi yang telah dilakukan pada saat proses pembelajaran. Selanjutnya, berdasarkan hasil tes yang telah dilakukan, penggunaan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan SESD terhadap kemampuan membuat kesimpulan peserta didik kelas VII MTs Darul Huda Ponorogo pada tema pencemaran lingkungan dapat dikatakan lebih efektif. Hal ini didasarkan pada hasil analisis data yang telah dilakukan rata- rata nilai post test kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 78,1 > 48,2 . Hasil uji n- gain score juga menunjukkan bahwa indikator membuat kesimpulan secara deduktif memiliki nilai tertinggi yakni 0,71 dengan kategori tinggi. Sedangkan nilai n- gain terendah yakni indikator membuat kesimpulan secara induktif yakni 0,46 dengan kategori sedang. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model inkuiri dengan pendekatan SESD lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan peserta didik untuk membuat kesimpulan dibandingkan dengan model konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 04 Dec 2024 06:10
Last Modified: 04 Dec 2024 06:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31099

Actions (login required)

View Item View Item