Strategi Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Mebel UD Sumber Sari Dalam Perspektif Ekonomi Islam

Putri, Destriana Manggala (2022) Strategi Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Mebel UD Sumber Sari Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401180175_DESTRIANA MANGGALA PUTRI_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Strategi dalam mempertahankan loyalitas pelanggan dapat dilakukandengan menggunakan strategi pemasaran syariah yang menerapkan konsep bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari empat variabel yaitu produk (product), harga (price), tempat (place) dan promosi (promotion). Dengan menggunakan konsep strategi tersebut, maka perusahaan dapat melayani pelanggan dengan cara memuaskan pelanggannya dengan menggunakan keempat strategi tersebut. Namun, masih terdapat pelanggan yang complain dan merasa tidak puas dengan hasil produk yang dihasilkan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi Mebel UD Sumber Sari dalam mempetahankan loyalitas pelanggan menurut perspektif ekonomi Islam dan mengetahui loyalitas pelanggan terhadap Mebel UD Sumber Sari dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) yang bertujuan untuk memperoleh informasi dalam strategi mempertahankan loyalitas pelanggan. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, strategi mebel UD Sumber Sari dalam mempertahankan loyalitas pelanggan dikatakan sudah baik, karena sudah sesuai dengan teori strategi mempertahankan loyalitas pelanggan menurut perspektif ekonomi Islam. Sedangkan loyalitas pelanggan terhadap Mebel UD Sumber Sari dikategorikan baik karena pelanggan berkomitmen untuk melakukan pembelian secara berulang pada perusahaan. Namun, untuk loyalitas pelanggan Mebel UD Sumber Sari belum sepenuhnya membuat pelanggan puas dengan hasil yang diberikan. Dengan demikian, loyalitas pelanggan terhadap Mebel UD Sumber Sari belum sesuai dengan teori loyalitas pelanggan dalam perspektif Islam. Karena, masih terdapat pelanggan yang merasa kurang puas dan dirugikan dengan hasil serta layanan yang diberikan oleh pihak Mebel UD Sumber Sari. Sehingga jual beli yang dilakukan tidak saling menguntungkan antara kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchtim Humaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 04 Dec 2024 06:06
Last Modified: 04 Dec 2024 06:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31098

Actions (login required)

View Item View Item