Maharani, Avia Viviana (2022) Perilaku Konsumtif Para Penggemar Bunga Hias Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
401180164_Avia Viviana M_Ekonomi Syariah.pdf Download (976kB) | Preview |
Abstract
Perilaku konsumtif merupakan suatu tindakan seseorang atau individu yang berperan sebagai konsumen untuk membeli suatu dan menggunakan barang tersebut dengan cara berlebihan sehingga menimbulkan sifat boros. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk perilaku konsumtif yang dilakukan para penggemar bunga hias pada masa pandemi dan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif serta dampak dari perilaku
konsumtif para penggemar bunga hias di Pasar Bunga Kota Madiun. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Pengolahan data dengan menggunakan teknik editing dan organizing. Teknik analisis yang digunakan yaitu kondensasi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari semua data yang diperoleh. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perilaku konsumtif yang dilakukan para penggemar bunga hias tidak didasarkan pada kebutuhan namun sebagai pemuas saja. Faktor yang mempengaruhi para penggemar bunga hias adalah faktor eksternal seperti kelas sosial dan kelompok referensi yang berpengaruh terhadap perilaku konsumtif para penggemar bunga hias pada konsumsinya. Sedangkan faktor internal yaitu faktor pribadi (usia, keadaan ekonomi dan gaya hidup), faktor psikologi (motivasi, persepsi, dan pembelajaran). Diantara faktor internal yang memberikan pengaruh paling besar terhadap perilaku konsumtif para penggemar bunga pada pembelian bunga hias yaitu faktor pribadi (gaya hidup). Dampak yang dirasakan oleh para penggemarn bunga hias yaitu menyebabkan hidup boros dan menimbulkan kecemburuan sosial, mengurangi kesempatan menyisihkan uang untuk menabung, dan tidak memikirkan kebutuhan yang akan datang karena memenuhi keinginannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Yulia Anggraini |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 06:01 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 06:01 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31097 |
Actions (login required)
View Item |