Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Pendapatan Unit Usaha Aqiqah Taqwa Ponorogo.

Ristiyasari, Rina (2022) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Pendapatan Unit Usaha Aqiqah Taqwa Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401180097_Rina Ristiyasari_ES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Unit usaha Aqiqah Taqwa Ponorogo adalah salah satu jasa pelayanan pemesanan paket aqiqah. Permasalahan pada penelitian ini adalah semakin bertambahnya pesaing di sekitar daerah di kota Ponorogo yang banyak mendirikan usaha aqiqah dari masing-masing pribadi. Selain itu dalam pandemi Covid-19 yang dialami, unit usaha Aqiqah Taqwa Ponorogo mengalami penurunan omset penjualan yang berdampak pada pendapatan usaha. Hal tersebut membuat unit usaha Aqiqah Taqwa Ponorogo merencanakan strategi pemasaran, dengan tujuan untuk memasarkan produk atau jasa dalam jumlah yang lebih banyak lagi dan mampu bersaing dengan usaha-usaha lainnya yang sejenis, yang berada di sekitar daerah di kota Ponorogo. Ada beberapa strategi yang harus dibangun supaya unit usaha Aqiqah Taqwa Ponorogo terus meningkat omsetnya, yaitu dengan strategi produk, strategi harga, strategi tempat, dan strategi promosi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Objek penelitian di unit usaha Aqiqah Taqwa Ponorogo yang berlamat di jalan Raya Ponorogo-Madiun, No. 25 A, Gadeg, Cekok, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan teknik wawancara untuk memperoleh informasi dan data mengenai strategi pemasaran dalam
meningkatkan pendapatan unit usaha Aqiqah Taqwa Ponorogo.
Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa, unit usaha Aqiqah Taqwa Ponorogo terdapat beberapa strategi pemasaran agar pendapatan unit usaha Aqiqah Taqwa Ponorogo meningkat. Strategi yang diterapkan antara lain
strategi produk, strategi harga, strategi promosi, dan strategi tempat. Dalam penerapan strategi pemasaran tersebut, pendapatan unit usaha Aqiqah Taqwa Ponorogo mulai meningkat. Orang-orang mulai merespon dan mulai menggunakan
jasa pelayanan aqiqah di unit usaha Aqiqah Taqwa Ponorogo. Tetapi seiring berjalannya waktu, terdapat kendala-kendala yang berdampak pada penurunan pendapatan usaha. Kendala-kendala tersebut antara lain, adanya Covid-19 yang menyebabkan beberapa karyawan yang di-phk atau resign,kurangnya pemahaman masyarakat tentang anjuran melaksanakan aqiqah, dan ketidaktahuan masyarakat tentang adanya unit usaha Aqiqah Taqwa Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhtadin Amri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 04 Dec 2024 04:24
Last Modified: 04 Dec 2024 04:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31091

Actions (login required)

View Item View Item