Manajemen Strategi dalam Meningkatkan Daya Saing Pendidikan (Studi Kasus di SMK PGRI 2 Ponorogo)

Anggraeni, Darsla Dyah Ayu (2024) Manajemen Strategi dalam Meningkatkan Daya Saing Pendidikan (Studi Kasus di SMK PGRI 2 Ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ETHESIS-DARSLA DYAH AYU-502220012-MPI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Anggraeni, Darsla Dyah Ayu, 2024. Manajemen Strategi dalam Meningkatkan Daya Saing Pendidikan (Studi Kasus di SMK PGRI 2 Ponorogo). Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing: Dr. Mohammad Thoyib, M.Pd. Dr. Muhammad Ghafar, M.Pd.I.
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Peningkatan Daya Saing
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang sangat mempengaruhi tuntutan terhadap kualifikasi dan kompetensi tenaga kerja, khususnya tenaga kerja tingkat menengah, SMK PGRI 2 Ponorogo berupaya menjadi sekolah yang berdaya saing tinggi. Daya saing tidak hanya sebuah kekuatan tapi lebih dari itu merupakan konsistensi untuk tetap bertaha menghadapi persaingan yang semakin ketat. SMK PGRI 2 Ponorogo berupaya menyiapkan siswa agar bisa memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini. Sekolah ini mendorong siswa untuk memiliki visi ke depan, responsif terhadap perubahan dan perkembangan yang terjadi, serta menghasilkan lulusan yang siap terjun langsung ke dunia kerja.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan dan menganalisis 1) perumusan strategi dalam meningkatkan daya saing pendidikan, 2) implementasi strategi dalam meningkatkan daya saing pendidikan, dan 3) evaluasi strategi dalam meningkatkan daya saing pendidikan di SMK PGRI 2 Ponorogo.
Peneliti menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif dengan studi kasus tunggal, yaitu lokasi penelitian hanya satu. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penelitian, peneliti menggunakan model Milles, Hubermans dan Saldana sebagai acuan. Pengumpulan data, penyajian data, kondensasi data, dan penarikan Kesimpulan/verifikasi data.
Temuan dari penelitian ini adalah Pertama, perumusan strategi dalam meningkatkan daya saing pendidikan di SMK PGRI 2 Ponorogo mengutamakan pengembangan SDM yang unggul dengan tetap berlandaskan pada visi misi yang telah ditetapkan. Sekolah berfokus pada sekolah industri dengan berbasis pondok pesantren. Kedua, implementasi strategi dalam meningkatkan daya saing pendidikan di SMK PGRI 2 Ponorogo dijalankan melalui komunikasi dan koordinasi yang intensif untuk memastikan pengelolaan yang terkendali dan terarah. Ketiga, evaluasi strategi dalam meningkatkan daya saing pendidikan di SMK PGRI 2 Ponorogo dilakukan secara rutin dan berkala sebagai alat ukur pelaksanaan program, dengan mengagendakan rapat dinas tiap 3 bulan dan rapat dadakan sewaktu-waktu jika ada masalah. Hasil ini menekankan pentingnya sinergi antara pengembangan SDM, koordinasi efektif, dan evaluasi berkelanjutan daldiam upaya meningkatkan daya saing sekolah. Dengan program unggulan sekolah dan terserapnya lulusan SMK PGRI 2 Ponorogo yang banyak diterima kerja di berbagai perusahaan industry, hal tersebut yang menjadi perhatian masyarakat bahwa SMK swasta ini memiliki prestasi dan memunculkan ciri khas serta daya tarik tersendiri. Dengan demikian manajemen strategi dalam meningkatkan daya saing pendidikan di SMK PGRI 2 Ponorogo dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Pembimbing 1 : Muhammad Thoyib Pembimbing 2 : Muhammad Ghafar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Dec 2024 04:13
Last Modified: 04 Dec 2024 06:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31088

Actions (login required)

View Item View Item