Analisis Perilaku Konsumen Muslim Terhadap Pembelian Produk Di Toko Thrifty Second Ponorogo.

Susanto, Antoni (2022) Analisis Perilaku Konsumen Muslim Terhadap Pembelian Produk Di Toko Thrifty Second Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401180156_ANTONI SUSANTO_Ekonomi Syariah_124908.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Trend fashion menjadi bagian yang tidak dapat dilepaskan dari penampilan dan gaya keseharian seseorang dengan cara berpakaian yang baru, up to date, dan mengikuti perkembangan zaman. Tak terkecuali para remaja yang mengikuti trend fashion yang sedang berkembang pada saat ini, mereka membeli produk atau barang digunakan untuk memenuhi keinginan dan gaya hidup bukan digunakan untuk memenuhi kebutuhannya. Padahal dalam Islam konsumsi harus memberikan manfaat dan dapat
memenuhi kebutuhan seseorang atau konsumen. Dalam Islam juga tidak membenarkan seorang konsumen untuk membelanjakan uangnya secara berlebih-lebihan, karena dapat menimbulkan sifat boros. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perilaku konsumen Toko Thrifty Second Ponorogo terhadap jenis barang yang dibeli, kemanfaatan produk yang dibeli, dan dampak perilaku konsumsi produk thrift terhadap keuangan konsumen. Adapun penelitian ini menggunakan jenis
penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan secara deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan wawancara. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perilaku konsumen Toko
Thrifty Second Ponorogo terhadap jenis barang yang dibeli dilatar belakangi beberapa faktor yaitu yang pertama, faktor budaya meliputi kebudayaan, sub-budaya, dan kelas sosial. Kedua, faktor sosial meliputi kelompok referensi, keluarga, serta peran dan status. Ketiga, faktor pribadi meliputi usia dan tahap daur hidup, pekerjaan, kepribadian dan konsep diri, serta gaya hidup dan nilai. Keempat, faktor psikologis meliputi motivasi, persepsi, serta kepercayaan dan sikap. Kemudian perilaku konsumen Toko Thrifty Second Ponorogo terhadap kemanfaatan produk yang dibeli dapat memenuhi kebutuhan konsumen yaitu kebutuhan Al-Hajjah al-Dharuriyah (kebutuhan primer) dan kebutuhan Al-Hajjah
al-Hajjiyah (kebutuhan sekunder). Dampak dari mengkonsumsi produk thrift terhadap keuangan konsumen Thrifty Second memberikan dampak negatif yaitu mengkonsumsi produk thrift dengan intensitas yang sering dan menjadikan konsumen berlebih-lebihan (israf) dalam mengkonsumsi produk thrift sehingga menimbulkan sifat boros (tabzir) dalam menggunakan keuangan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aji Damanuri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 04 Dec 2024 04:09
Last Modified: 04 Dec 2024 04:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31086

Actions (login required)

View Item View Item