Ramdhan, A Bahruddin (2022) Penerapan Analisis SWOT Dalam Bauran Pemasaran Syariah Pada Usaha Jasa Fotografi dan Videografi Fendi Wedding Organizer. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
401180134_A Bahruddin Ramdhan_Ekonomi Syariah.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Persaingan usaha dibidang jasa semakin ketat hal ini ditunjukkan dengan banyaknya kompetitor di bidang jasa yang mulai berkembang, yang demikian menyebabkan pelaku usaha jasa memiliki banyak kompetitor sehingga menjadi ancaman bagi pelaku usaha jasa. Oleh sebab itu dibutuhkan penerapan strategi yang mampu untuk bersaing dengan kompetitor.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Bauran Pemasaran Syariah pada usaha jasa fotografi dan videografi di Fendi Wedding Organizer dengan Analisis SWOT. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan objek usaha jasa Fendi
Wedding Organizer, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Dengan menggunakan teknik analisis data secara induktif dimana peneliti melakukan pengamatan terkait penerapan Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) dalam Bauran Pemasaran Syariah di usaha jasa Fendi Wedding Organizer secara keseluruhan, sehingga peneliti dapat menarik kesimpulan secara umum. Hasil dari penelitian ini adalah Fendi wedding Organizer sudah menerapkan kesembilan unsur Bauran Pemasaran Syariah yaitu product, price, place, promotion, people, physical evidence, prosess, promise, and patience secara penuh, namun ada dua unsur Bauran Pemasaran Syariah yang perlu dimaksimalkan yakni (price) harga dan (place) tempat. Dari hasil Analisis SWOT menunjukkan bahwa kesembilan unsur Bauran Pemasaran Syariah memiliki kekuatan (strengths), dan kelemahan (weaknesses) sebagai faktor penunjang dan evaluasi pada lingkungan internal, sedangkan untuk peluang (opportunities) dan ancaman (threats) dalam kesembilan unsur Bauran Pemasaran Syariah sebagai peluang untuk mengembangkan usaha dan meminimalisir terjadinya ancaman oleh kompetitor. Dampak dari penerapan Analisis SWOT dalam Bauran Pemasaran
Syariah pada usaha jasa Fendi Wedding Organizer sangat berpengaruh dan berdampak baik, karena dapat digunakan sebagai alat menganalisis faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal serta mengelompokkan kesembilan unsur bauran
Pemasaran Syariah kedalam Analisis SWOT.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Faruq Ahmad Futaqi |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 03:43 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 03:43 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31081 |
Actions (login required)
View Item |