Rochayati, Mudatu (2022) Analisis Kualitas Pelayanan Prima Pada Konsumen Di Toko Sarnu Desa Ringin Anom Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
401180069_Mudatul_Rochayati_Ekonomi Syariah.pdf Download (730kB) | Preview |
Abstract
Kualitas Pelayanan pada konsumen tergantung pada pemilik toko dan
karyawannya dalam memberikan feedback yang baik kepada konsumen. Namun
bagaimana pelayanannya memiliki kualitas itu tergantung pengetahuan tentang
dasar-dasar pelayanan prima. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kualitas
pelayanan dan faktor penghambat dalam memberikan pelayanan yang berkualitas
di Toko Sarnu.
Dalam penyusunan skripsi ini, penulis menggunakan metode penelitian
pendekatan kualitatif deskriptif. Alasan peneliti menggunakan pendekatan
kualitatif yang bersifat deskripstif karena langkah peneliti untuk mendiskripsikan
suatu obyek, fenomena, atau setting sosial yang akan dituangkan dalam tulisan
yang bersifat naratif. Dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber untuk
menguji kredibilitas data yang di peroleh dari beberapa konsumen, triangulasi
teknik untuk pengambilan data dari konsumen dengan teknik acak, triangulasi
waktu untuk menentukan berapa lama narasumber menjawab pertanyaan tentang
kualitas pelayanan yang diperoleh dari pemilik toko. Data yang di peroleh di
gunakan untuk pengecekan keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat beberapa faktor yang
menghambat dalam memberikan kualitas pelayanan prima yang baik yaitu faktor
kesadaran, faktor aturan, faktor organisasi, faktor pendapatan, faktor
keterampilan dan faktor sarana pelayanan. upaya yang di lakukan untuk
menganalisa kualitas pelayanan prima pada konsumen adalah dengan 5 dimensi
kualitas pelayanan prima yaitu bukti langsung (Tangibles), Kehandalan
(Reliability), Ketanggapan ( Responsiveeness), Jaminan (Assurance),Empaty
(Empathy). Dimana dimensi tersebut berjalan sesuai yang diharapkan agar
konsumen mendapat kepuasan atas barang yang di beli dan dari attitude pemilik
toko.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ratna Yunita |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 03:31 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 03:31 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31077 |
Actions (login required)
View Item |