Strategi Peningkatan Minat Beli Konsumen Pada Minimarket Sabila Mart Desa Sidomulyo Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun Dalam Perspektif Ekonomi Islam

Isnaini, Hadin Sri (2022) Strategi Peningkatan Minat Beli Konsumen Pada Minimarket Sabila Mart Desa Sidomulyo Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401180045_Hadin_Sri_Isnaini_Ekonomi Syariah.pdf

Download (807kB) | Preview

Abstract

Konsumen merupakan hal yang penting dalam suatu usaha atau bisnis.
Jika ada usaha maka juga ada konsumen. Minat beli sangat mempengaruhi
konsumen untuk membeli suatu produk yang dibutuhkan oleh karena itu setiap
usaha harus mempunyai strategi atau upaya yang dilakukan untuk menarik dan
meningkatkan minat beli konsumennya sesuai dengan Ekonomi Islam yang
memiliki prinsip kejujuran dan keadilan didalamnya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi minat beli konsumen di Minimarket Sabila Mart, upaya yang
dilakukan untuk meningkatkan minat beli konsumen di Minimarket Sabila Mart,
dan tinjauan Ekonomi Islam terhadap upaya yang dilakukan tersebut. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan
penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada
Minimarket Sabila Mart dengan teknik pengumpulan data berupa observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang
mempengaruhi kurangnya minat beli konsumen di Minimarket Sabila Mart
dipengaruhi oleh faktor internal (keluarga dan keyakinan) dan faktor eksternal
(pemasaran usahanya). Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan minat beli
konsumen di Minimarket Sabila Mart menggunakan strategi pemasaran 4P
Product (Produk), Price (Harga), Promotion (Promosi), dan Place (Tempat,
lokasi atau saluran distribusi) dimana strategi tersebut berjalan sesuai yang
diharapkan dan meningkatkan minat beli konsumen di Minimarket Sabila Mart.
Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan minat beli konsumen di Minimaket
Sabila Mart sudah sesuai dengan Ekonomi Islam yang berprinsip kejujuran dan
keadilan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tiara Widya Antikasari
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 04 Dec 2024 03:12
Last Modified: 04 Dec 2024 03:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31070

Actions (login required)

View Item View Item