Strategi Pemasaran Usaha Tempe Super Desa KarangJoho Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo.

Wulandari, Fitri Ratna (2022) Strategi Pemasaran Usaha Tempe Super Desa KarangJoho Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401180044 Fitri Ratna ES perpuss watermark.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemasaran merupakan kunci pokok dalam menentukan kemajuan suatu perusahaan serta salah satu cara yang dilakukan untuk meningkatkan pendapatan usaha. Permasalahan yang ada pada penelitian ini yaitu pada pendapatan usaha yang menurun dikarenakan ada beberapa hal yang mempengaruhinya salah satunya penjualan. Ketika penjualan menurun pendapatan juga akan menurun apabila penjualan meningkat maka pendapatan akan meningkat. Pada penelitian ini penjualannya semakin hari mengalami penurunan karena dari segi produknya. produk pada usaha tempe ini tipis harganya juga mahal sehingga konsumen memilih untuk membeli tempe ke tempat yang lain. Oleh karena itu penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasarannya. Bagaimana usaha tersebut menerapkan strategi pemasaran untuk meningkatkan pendapatan usaha tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan strategi pemasaran pada usaha tempe dan kendala strategi pemasaran usaha tempe super.Jenis penlitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada Usaha Tempe dengan teknik data berupa wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisa data yang telah dilakukan dalam penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa dalam melakukan penerapan strategi pemasaran Usaha Tempe menggunakan bauran pemasaran yang terdiri dari Produk, pada usaha tempe ini belum menciptakan inovasi baru, harga yang ditawarkan terlalu mahal sehingga konsumen merasa resah, tempat pada usaha ini juga belum
strategis dan sangat terpencil sedangkan promosi yang dilakukan belum melakukan secara online. Rumusan masalah yang kedua yaitu kendala yang harus dihadapi pada usaha tempe ini adalah kendala internal pada persaingan, dalam
melakukan bisnis pasti terdapat yang namanya persaingan tetapi ketika pengusaha tetap menjalankan bisnis pasti usahanya akan terus menurus berkembang. Sedangakan kendala eksternal pada usaha ini yaitu ketika bahan baku naik maka
harga juga naik karena harga kedelai yang sangat mahal, rendahnya sumber daya manusia pada usaha ini sumber daya manusia belum didukung oleh jumlah karyawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luthfi Hadi Aminuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 04 Dec 2024 03:12
Last Modified: 04 Dec 2024 03:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31069

Actions (login required)

View Item View Item