Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Keripik Tempe Rilis Di Kabupaten Ngawi

Rahayu, Eno Ajeng Puspita (2022) Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Keripik Tempe Rilis Di Kabupaten Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
401180037_Eno Ajeng Puspita Rahayu_Ekonomi Syariah.pdf

Download (928kB) | Preview

Abstract

Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi pengusaha untuk mencapai keberhasilan dalam memasarkan produknya serta mendapat keuntungan yang diharapkannya. Begitu pula dengan usaha keripik tempe Rilis di Desa Dawu. Karena banyaknya pesaing yang menjual produk serupa menimbulkan persaingan yang sangat ketat antar home industry keripik tempe, oleh karena itu peran strategi pemasaran cukup penting untuk mempertahankan usaha tersebut dalam mencapai keberhasilan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran untuk menghadapi daya saing dan untuk mengetahui dampak strategi pemasaran pada usaha keripik tempe Rilis. Jenis penelitian yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada usaha keripik tempe Rilis dengan teknik pengumpulan data berupa triangulasi sumber yaitu dengan menggabungkan antara observasi, wawancara, dan dokumentasi pada usaha keripik tempe Rilis di Kabupaten Ngawi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran untuk menghadapi daya saing pada usaha keripik tempe Rilis di Kabupaten Ngawi berdasarkan bauran pemasaran 4P yaitu product, price, place, dan promotion kurang baik karena satu dari empat bauran pemasaran belum dimiliki oleh usaha keripik tempe Rilis yakni dari segi lokasi (place) yang kurang strategis tempatnya berada di gang kecil sehingga sulit dijangkau. Dampak strategi pemasaran yaitu dengan memanfaatkan media sosial sebagai media promosi karena dianggap praktis dan banyak masyarakat yang menggunakan media sosial. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan ketekunan mencari, mengolah, serta menganalisis data penelitian yang sudah ada serta bisa menambah variabel lagi agar lebih kaya pembahasannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nurma Fitrianna
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 04 Dec 2024 03:06
Last Modified: 04 Dec 2024 03:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31068

Actions (login required)

View Item View Item