Nafi’ah, Elmi Ulin (2022) Analisis SWOT Sebagai Upaya Menentukan Strategi Pemasaran Pada Usaha Depo Air Minum Isi Ulang Tirto Utomo Siwalan Mlarak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
401180033_ELMI ULIN NAFI'AH_EKONOMI SYARIAH.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Analisis SWOT digunakan sebagai alat untuk melakukan analisis strategi bagi
perusahaan. Usaha Tirto Utomo di tahun terakhir mengalami stagnasi atau bahkan
mengalami penurunan pada pendapatannya yaitu dihari-hari normal menghabiskan
kisaran 400 galon, sedangkan di musim penghujan mengalami penurunan yaitu 250-
300 galon saja. Untuk mengatisipasi masalah tersebut Tirto Utomo melakukan
peningkatan kualitas produk dengan lebih memperhatikan kebersihan. Namun pada
kenyataanya tetap saja pendapatannya mengalami stagnasi bahkan sering mengalami
penurunan pesanan. Maka dari itu, usaha ini memerlukan strategi pemasaran yang
dapat memaksimalkan kekuatan dan peluang, disaat yang sama dapat meminimalkan
kelemahan dan ancaman yang dimilikinya dengan menggunakan matrik SWOT
(Strenght, Weakness, Opportunity, Threat). Penelitian ini memiliki dua rumusan
masalah yaitu bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan pada usaha depo air
minum isi ulang Tirto Utomo? dan bagaimana analisis SWOT sebagai upaya
menentukan strategi pemasaran pada usaha depo air minum isi ulang Tirto Utomo?
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi
dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan matriks IFAS, EFAS, dan
matriks SWOT.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Tirto Utomo segi product, price,
place, promotion dan prosess Tirto Utomo sudah melakukan strategi pemasaran tepat
sasaran dengan tujuan perusahaan. Namun dari segi people dan physical evidence
kurang tepat maka perlu adanya evaluasi untuk kedepanya. Berdasarkan hasil diagram
analisis SWOT Tirto Utomo berada pada posisi kuadran 1 yaitu mendukung kebijakan
pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy). Sehingga strategi yang sesuai
adalah SO yaitu memperbanyak kerja sama dengan reseller, merekrut karyawan yang
berkompeten dan menguasai area pemasaran, memberikan pelayanan yang baik dan
cepat, serta membeli stok bahan baku dengan skala lebih banyak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ruliq Suryaningsih |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 02:55 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 02:55 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31062 |
Actions (login required)
View Item |