Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Usaha Dagang (UD) Indah Catering Dalam Perspektif Pemasaran Syariah

Andriyani, Mei Dwi (2022) Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Usaha Dagang (UD) Indah Catering Dalam Perspektif Pemasaran Syariah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401180065_Mei Dwi Andriyani_Ekonomi Syariah.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

UD. Indah Catering telah berupaya membuat berbagai bentuk strategi
promosi yang menarik dengan tujuan untuk menarik minat beli konsumen dan
dapat berpengaruh terhadap tingkat penjualan produknya. Namun pada
kenyataanya bentuk promosi yang dilakukan belum berhasil membuat penjualan
produknya stabil, bahkan terus mengalami kenaikan setiap bulannya atau minimal
mencapai target penjualan. Artinya, ada penerapan strategi promosi pada UD.
Indah Catering pada saat ini yang masih belum tepat. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi promosi pada UD. Indah
Catering untuk meningkatkan volume penjualan, apa saja faktor pendukung dan
penghambat strategi promosi dalam meningkatkan volume penjualan pada UD.
Indah Catering dan bagaimana dampak strategi promosi pada volume penjualan
produk UD. Indah Catering
Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dan jenis
penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang
digunakan dalam skripsi ini adalah editing, klasifikasi, dan memberi kode. Teknik
analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Sedangkan, teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan
dalam skripsi ini adalah meningkatkan ketekunan, menggunakan bahan referensi,
mengadakan membercheck dan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) UD. Indah Catering sudah
menerapkan strategi promosi periklanan, personal selling, promosi penjualan,
publisitas, pemasaran langsung dan internet dengan baik dan sudah menerapkan
sesuai sifat nabi shiddiq, amanah, fathanah, thabligh. Namun, untuk penerapan
periklanan dan publisitas masih perlu untuk dikembangkan lagi kreatifitasnya,
agar lebih maksimal dan promosi yang dimaksud sampai pada seluruh lapisan
masyarakat dan dapat berpengaruh pada peningkatan volume penjualan. 2) Faktor
pendukung penerapan strategi promosi pada UD. Indah Catering adalah kualitas
produk yang baik, pemberian bonus, pemberian diskon untuk pembelian minimal
100 kotak, dan lokasi yang strategis. Faktor penghambat penerapan strategi
promosi pada UD. Indah Catering adalah jumlah dana yang terbatas dan
munculnya usaha catering baru yang melakukan strategi salah satunya banting
harga sehingga harga lebih murah. 3) Dampak dari penerapan keenam strategi
promosi pada UD. Indah Catering adalah dapat menghemat waktu dan biaya,
dapat berinteraksi langsung maupun tidak langsung dengan pelanggan, dapat
memperluas jaringan bisnis dan meningkatkan volume pejualan secara perlahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luhur Prasetiyo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 04 Dec 2024 02:53
Last Modified: 04 Dec 2024 02:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31060

Actions (login required)

View Item View Item