Fitriani, Nini (2022) Komparasi Kemampuan Membaca Teks Sains Berdasarkan Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting dengan Pendekatan Literasi Sains pada Peserta Didik Kelas VII Di MTs Nurush Sholihin Parang Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
207180101_NINI FITRIANI_TADRIS IPA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Membaca merupakan dasar utama dalam kegiatan belajar. Salah satu kegiatan membaca adalah membaca teks sains. Kemampuan membaca teks sains diperlukan untuk mendapatkan informasi didalam teks. Kemampuan membaca teks sains pada peserta didik perlu ditingkatkan lagi agar kegiatan membaca lebih aktif. Model yang dapat diterapkan oleh guru untuk mengembangkan kemampuan membaca teks sains adalah Probing-Prompting dengan pendekatan literasi sains. Kegiatan yang berbasis membaca dan tanya jawab dapat melatih peserta didik untuk mengidentifikasi informasi dan pertanyaan serta menarik kesimpulan berdasarkan fakta.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Keterlaksanaan model pembelajaran Probing-Prompting menggunakan pendekatan literasi sains kelas VII di MTs Nurush Sholihin Parang Magetan, 2) Aktivitas peserta didik yang mengalami model pembelajaran Probing-Prompting menggunakan pendekatan literasi sains kelas VII di MTs Nurush Sholihin Parang Magetan, dan 3) Mengetahui perbedaan kemampuan membaca teks sains peserta didik antara yang menggunakan model pembelajaran Probing-Prompting dengan pendekatan literasi sains dengan tanpa model pembelajaran probing prompting dengan pendekatan literasi sains kelas VII di MTs Nurush Sholihin Parang Magetan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental Design. Populasinya yaitu seluruh peserta didik kelas VII MTs Nurush Sholihin. Sampel penelitian yaitu kelas VII A dan VII C sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Independent Sample t Test.
Hasil penelitian menunjukkan keterlaksaan model pembelajaran Probing-Prompting sangat baik dengan persentase 85,7%. Aktivitas peserta didik pada pertemuan pertama, kedua, dan ketiga memiliki rata-rata baik dengan persentase rata-rata 76,4%. Ada perbedaan yang signifikan antara dengan menggunakan model pembelajaran Probing-Prompting dengan pendekatan literasi sains dengan tanpa model pembelajaran probing prompting dengan pendekatan literasi sains kelas VII di MTs Nurush Sholihin Parang Magetan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Faninda Novika Pertiwi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 02:32 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 02:32 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31051 |
Actions (login required)
View Item |