Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Dengan Metode Gallery Walk Untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Dan Motivasi Belajar Siswa Di Kelas VII MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo

Heriyawan, Hanip Heri (2022) Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Dengan Metode Gallery Walk Untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Dan Motivasi Belajar Siswa Di Kelas VII MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211317092_HANIP HERI HERIYAWAN_TADRIS IPA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan proses yang komplek dan melibatkan berbagai aspek yang saling berkaitan. Dalam proses pembelajaran guru memberikan bimbingan dan menyediakan berbagai kesempatan yang dapat mendorong peserta didik belajar untuk mempeloreh pengalaman sesuai dengan tujuan pembelajaran, tak terkecuali dalam pembelajaran IPA. Proses pembelajaran tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemampuan bernalar, kerja ilmiah dan sikap ilmiah siswa. Hasil observasi menunjukkan bahwa peserta didik memiliki rasa ingin tahu yang relatif rendah ditunjukkan dengan kurangnya minat bertanya kepada guru dan motivasi belajar yang juga relatif rendah yang berdampak pada kurangnya respon terhadap penjelasan guru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Open Ended dengan metode Gallery Walk terhadap peningkatan rasa ingin tahu siswa, motivasi belajar, rasa ingin tahu dan motivasi belajar siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa tes pilihan ganda. Dengan data yang diperoleh adalah rata-rata nilai post test kelas eksperimen dan kontrol. Sumber datanya diambil dari peserta didik kelas VII A dan VII B MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo yang berjumlah 40 responden.
Hasil penelitian sampel uji-t menunjukkan hasil sebesar 0,699>0,05 terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan rasa ingin tahu antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dan hasil sampel uji-t sebesar 0,695>0,05 yang terdapat perbedaan terhadap motivasi belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji MANOVA diketahui jika 0,00<0,05, yang artinya semuanya signifikan. Hasil ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap kemampuan rasa ingin tahu (Y1) dan motivasi belajar (Y2).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syaiful Arif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 04 Dec 2024 02:13
Last Modified: 04 Dec 2024 02:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31043

Actions (login required)

View Item View Item