Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Usaha Dan Pesawat Sederhana Kelas VIII Di Mts Ma’arif Al-Ishlah Bungkal.

Widyastuti, Nungki Via (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Usaha Dan Pesawat Sederhana Kelas VIII Di Mts Ma’arif Al-Ishlah Bungkal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211317072_Nungki Via W_Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan prestasi belajar yang dicapai oleh siswa dalam proses kegiatan
belajar mengajar. Hasil belajar merupakan tolak ukur dalam keberhasilan suatu proses
pembelajaran. Suatu proses pembelajaran harus melibatkan siswa secara aktif agar bisa mencapai
perubahan pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran
learning cycle 7E berbasis literasi sains di kelas VII Mts Ma’arif Al-Ishlah (2) Mendeskripsikan
aktivitas siswa selama diterapkannya model pembelajaran learning cycle 7E berbasis literasi sains
(3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E berbasis literasi sains terhadap
peningkatan hasil belajar siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen sebenarnya (True
experimental) dengan desain penelitian One Grup Posttest Design melalui pendekatan penelitian
kuantitatif. Karena penelitian ini menggunakan data numerik dengan pengolahan yang
menggunakan statistik. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, tes, dan angket, kemudian
data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t hitung dan t tabel.
Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Learning
Cycle 7E berbasis literasi sains mencapai kategori baik dengan jumlah rata-rata 3,4 dan presentase
sebesar 87%. Sedangkan aktivitas peserta didik selama diterapkan model pembelajaran Learning
Cycle 7E mencapai kategori baik dengan rata-rata 3.5 dan presentase sebesar 87,5%. Berdasarkan
uji-t ditemukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E berbasis literasi
sains terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari uji t yang mana besarnya nilai
t-hitung sebesar 0,05, sedangkan t-tabel sebesar 0,018 (0,018 < 0,05). Jika nilai t-tabel < t-hitung
maka dapat dikatakan H0 ditolak sedangkan H1 diterima atau dapat dinyatakan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Sedangkan apabila nilai t-hitung
lebih kecil maka H1 ditolak atau tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan
eksperimen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar
peserta didik yang memperoleh penerapan model pembelajaran kooperatif (kelas kontrol) dan
yang memperoleh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E berbasis literasi sains pada
materi usaha dan pesawat sederhana (kelas eksperimen).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faninda Novika Pertiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 04 Dec 2024 02:07
Last Modified: 04 Dec 2024 02:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31039

Actions (login required)

View Item View Item