Pengaruh Praktikum IPA Berorientasi STEM Education Dengan Tema Getaran, Gelombang dan Bunyi Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Ilmiah Peserta Didik Di SMPN 1 Sawoo

Tahnia, Mustika Ria (2022) Pengaruh Praktikum IPA Berorientasi STEM Education Dengan Tema Getaran, Gelombang dan Bunyi Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Ilmiah Peserta Didik Di SMPN 1 Sawoo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
211317087 MUSTIKA RIA TAHNIA TADRIS IPA revisi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berpikir ilmiah juga merupakan suatu usaha manusia untuk mendapatkan pengetahuan baru dari suatu hal yang dialami, karena sejati nya ilmu berkaitan erat dengan penelitian ilmiah. Kemampuan berpikir ilmiah peserta didik harus selalu diasah agar terbiasa berpikir ilmiah dikondisi bagaimanapun untuk mempersiapkan peserta didik dalam persaingan di masa yang akan datang. Hal ini seperti yang dialami oleh peserta didik kelas VIII SMPN 1 Sawoo, yang masih sangat kurang dalam kemampuan berpikir ilmiahnya. Setelah dilakukan olah data dari hasil observasi selama di SMPN 1 Sawoo, kekurangan dalam berpikir ilmiah tersebut dikarenakan dalam pembelajaran belum sepenuhnya diberikan stimulus yang mampu menumbuhkan kemampuan berpikir ilmiahnya sehingga berdampak pada rendahnya kemampuan berpikir ilmiah peserta didik. Selain hal tersebut, usia peserta didik yang masih remaja dan pada masa peralihan dari anak-anak menuju remaja yang cenderung sangat gemar bermain dan kurang fokus dalam dunia pendidikan dapat mempengaruhi kurangnya kemampuan berpikir ilmiah peserta didik. Oleh karena itu praktikum IPA adalah salah satu solusi pembelajaran yang dapat dilakukan oleh pendidik untuk menyiapkan kemampuan berpikir ilmiah peserta didik. Model Praktikum IPA ini dapat dikolaborasi dengan pendekatan STEM Education agar peserta lebih siap di era abad 21 ini. Oleh karena itu peneliti akan melakukan penelitian mengenai pengaruh kegiatan praktikum berorientasi STEM Education untuk meningkatkan kemampuan berpikir ilmiah peserta didik kelas VIII tingkat SMP. Melalui penelitian ini diharapakan kemampuan berpikir ilmiah peserta didik dapat meningkat dan jauh lebih baik dari sebelumnya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan berpikir ilmiah peserta didik dalam pembelajaran menggunakan praktikum berorientasi STEM Education (2) mengetahui pengaruh praktikum berorientasi STEM Education terhadap peningkatan kemampuan berpikir ilmiah peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Sawoo, metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 32 peserta didik yaitu kelas VIII A sejumlah 16 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sejumlah 16 peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrument pengumpulan data menggunakan tes dan observasi.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) nilai rata-rata hasil lembar observasi aktivitas peserta didik adalah 85 dengan kategori sangat baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik sangat baik selama diterapkannya model pembelajaran Praktikum IPA Berorientasi STEM Education. (2) Nilai rata-rata hasil pretest kelas eksperimen adalah 53 sedangkan kelas kontrol adalah 58,5. Nilai rata-rata hasil posttest kelas eksperimen adalah 76,25 sedangkan kelas kontrol adalah 59,5. Dilihat dari nilai hasil pretest dan posttest terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut membuktikan bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir ilmiah dengan menggunakan model pembelajaran Praktikum IPA Berorientasi STEM Education.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syaiful Arif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 04 Dec 2024 02:04
Last Modified: 04 Dec 2024 02:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31038

Actions (login required)

View Item View Item