Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Literasi Ilmiah terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTs Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo Pada Tema Sistem Ekskresi Manusia.

Sa’adah, Itsna Laila (2021) Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Literasi Ilmiah terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTs Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Ponorogo Pada Tema Sistem Ekskresi Manusia. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211317069-ITSNA LAILA SA'ADAH-TADRIS IPA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar penting dimiliki oleh peserta didik karena hasil belajar tidak dapat
dipisahkan dari proses pembelajaran. Hasil belajar menjadi tolak ukur keberhasilan proses
belajar mengajar. Hasil belajar mempunyai peran penting dalam proses belajar mengajar.
Hasil belajar merupakan langkah akhir dari proses pembelajaran, yang mana tujuan dari
belajar adalah mendapatkan hasil belajar yang baik. hasil belajar merupakan beberapa
kejadian yang didapatkan dan menghasilkan kemampuan belajar dari peserta didik secara
keseluruhan yang terjadi karena adanya perubahan perilaku setelah mengikuti proses
pembelajaran sesuai dengan tujuan pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan model
Project Based Learning (PjBL) berbasis Literasi Ilmiah di MTs Ma’arif Al-Ishlah Bungkal
Ponorogo, (2) mengetahui aktivitas peserta didik selama diterapkannya model pembelajaran
Project Based Learning (PjBL) berbasis Literasi Ilmiah di MTs Ma’arif Al-Ishlah Bungkal
Ponorogo, dan (3) mengetahui pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL)
berbasis literasi ilmiah terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik di MTs Ma’arif Al-
Ishlah Bungkal Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain
penelitian pre-eksperimental One-group Pretest Posttest Design. Data yang dikumpulkan
melalui lembar observasi dan tes, kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji
t paired sample t-test atau uji t untuk data sampel berpasangan.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model
Project Based Learning (PjBL) berbasis literasi ilmiah menunjukkan nilai persentase sebesar
91,6%. Sedangkan aktivitas peserta didik selama diterapkan model pembelajaran Project
Based Learning (PjBL) berbasis literasi ilmiah diperoleh nilai persentase sebesar 84,3%.
Berdasarkan uji t Paired sample t-test yang telah dilakukan dengan SPSS nilai signifikansi
yang diperoleh sebesar 0,000, di mana 0,000 < 0,05. Sedangkan uji t paired sample t-test
dengan menggunakan minitab memperoleh P-Value sebesar 0,000, di mana 0,000 < 0,05.
Nilai rata-rata N-Gain Score yang didapatkan sebesar 0,578261 dengan peningkatan sebesar
58% yang dikategorikan cukup efektif. Maka dapat dikatakan terdapat pengaruh yang
signifikan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis literasi ilmiah
terhadap peningkatan hasil belajar informasi peserta didik, serta penggunaan model
pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis literasi ilmiah cukup efektif dalam
meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faninda Novika Pertiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 04 Dec 2024 02:02
Last Modified: 04 Dec 2024 02:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31037

Actions (login required)

View Item View Item