Pengaruh Model Pembelajaran Diskursus Multi Representasi dengan Pendekatan Literasi Sains terhadap Kemampuan Multi Representasi Peserta Didik di MTsN 1 Ponorogo.

Muslihah, Khoirul (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Diskursus Multi Representasi dengan Pendekatan Literasi Sains terhadap Kemampuan Multi Representasi Peserta Didik di MTsN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211317049 KHOIRUL MUSLIHAH TADRIS IPA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemampuan multi representasi merupakan
kemampuan peserta didik untuk mewakilkan atau
menggambarkan dan menjelaskan suatu konsep atau
fenomena melalui berbagai bentuk antara lain melalui
kalimat, gambar, dan persamaan matematis. Kemampuan
multi representasi peserta didik tergolong rendah dan
berpengaruh terhadap pemahaman mengenai konsep pada
mata pelajaran IPA. Selain itu penggunaan model
pembelajaran yang bervariatif sangat dibutuhkan dalam
pembelajaran IPA yang sarat akan simbol dan persamaan
matematis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
keterlaksanaan model pembelajaran Diskursus Multi
Representasidengan pendekatan Literasi Sains,
mengidentifikasi aktivitas peserta didik selama menerapkan
model pembelajaran DMR dengan pendekatan Literasi
Sains, dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran
Diskursus Multi Representasidengan pendekatan Literasi Sains yang diterapkan pada peserta didik kelas VIII di
MTsN 1 Ponorogo.
Metode yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif
dengan jenis eksperimen Pretest-Postest Control Group
Design. Data diperoleh melalui lembar observasi, angket
dan tes yang telah divalidasi oleh ahli. Lembar observasi
yang digunakan berupa lembar observasi keterlaksanaan dan
aktivitas peserta didik, angket tertutup, dan soal tes
berbentuk uraian. Data yang diperoleh dianalisis
menggunakan uji T (Two tailed) dan uji T (One Tailed).
Keterlaksanaan model pembelajaran DMR dengan
pendekatan Literasi Sains tergolong baik dengan prosentase
sebesar 82% sedangkan aktivitas peserta didik masuk dalam
kategori baik dengan prosentase sebesar 86%. Berdasarkan
uji T (Two tailed) berbantuan aplikasi SPSS, disimpulkan
bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan
multi representasi peserta didik yang memperoleh penerapan
model pembelajaran Diskursus Multi Representasidengan
pendekatan Literasi Sains dan yang memperoleh penerapan
model pembelajaran Diskursus Multi Representasi. Dengan
demikian dapat diketahui bahwa model pembelajaran
Diskursus Multi Representasi dengan pendekatan Literasi
Sains dapat meningkatkan kemampuan multi representasi
peserta didik. Sedangkan hasil uji T (One tailed) yang telah
dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran Diskursus Multi Representasi dengan
pendekatan Literasi Sains lebih efektif daripada penerapan
model pembelajaran Diskursus Multi Representasi pada
mata pelajaran IPA peserta didik kelas VIII di MTsN 1
Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faninda Novika Pertiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 04 Dec 2024 01:59
Last Modified: 04 Dec 2024 01:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31036

Actions (login required)

View Item View Item