Gustianingrum, Yesyta (2022) Analisis Motivasi Berpikir Kreatif Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Ipa Di Tiga Jenjang Madrasah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
211317020_YESYTA GUSTIANINGRUM_TADRIS ILMU PENGETAHUAN ALAM.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran IPA pada hakekatnya merupakan ilmu pengetahuan alam yang mempelajari
fenomena-fenomena serta objek yang terdapat di alam. Pembelajaran IPA menjadi salah satu
pembelajaran yang sangat penting dalam jenjang pendidikan, mulai dari Sekolah Dasar (SD/MI),
Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs) dan Sekolah Menengah Atas (SMA/MA) yang
bertujuan agar peserta didik dapat mengembangkan pengetahuan, konsep-konsep IPA dan dapat
menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran IPA menjadi salah satu
pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar serta mengembangkan kemampuan
berpikir kreatif dalam diri peserta didik. Apabila peserta didik memiliki motivasi belajar yang
tinggi, peserta didik akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikannya persoalan dan
akan dipandang sebagai peserta didik yang berhasil.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bentuk motivasi berpikir kreatif dalam
pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA di tiga jenjang madrasah. 2) Faktor-faktor yang
mempengaruhi peserta didik memiliki motivasi berpikir kreatif dalam pembelajaran daring pada
mata pelajaran IPA di tiga jenjang madrasah. 3) Strategi yang digunakan guru dalam memotivasi
berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA di tiga jenjang
madrasah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan berbantuan aplikasi N-
Vivo 12 plus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian naturalistik atau fenomenologi.
Peneliti melakukan mengambilan data dengan teknik wawancara kepada peserta didik dan guru
IPA. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di tiga
jenjang madrasah yang ada di Madiun, yaitu MI Kresna, MTsN 1 Madiun, dan MAN 3 Madiun.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya adalah observasi, tes
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles and
Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berpikir kreatif di tiga jenjang madrasah
berbeda. Pada jenjang MI motivasi berpikir kreatif peserta didik dalm bentuk step one by one,
jenjang MTs dalam bentuk tantangan, jenjang MA dalam bentuk kompetisi. Penelitian ini juga
menghasilkan indikator motivasi berpikir kreatif yaitu mampu berinovasi, memiliki kepercayaan
terhadap dirinya sendiri, keuletan dalam menghadpi permasalahan, otonomi dalam belajar, dan
mampu berimprovisasi. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi peserta didik memiliki
motivasi berpikir kreatif yaitu faktor internal yang meliputi, rasa percaya diri, rasa ingin tahu,
kedisiplinan, kecerdasan, hobi, dan pengambilan keputusan. Faktor eksternal yang meliputi
sumber belajar, lingkungan sekitar, peran keluarga, tipe penugasan dan gaya belajar. Strategi
yang digunakan guru dalam memotivasi berpikir kreatif peserta didik pada jenjang MI dengan
menggunakan gambar atau video yang menarik, jenjang MTs dengan menggunakan metode
pembelajaran discovery learning, dan jenjang MA dengan memberikan tugas yang bersifat
mencipta sesuatu produk dengan ide-ide yang dimilikinya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Wirawan Fadly |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 01:46 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 01:46 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31032 |
Actions (login required)
View Item |