Rifaldi, Ulfan (2024) Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Prestasi Ektrakurikuler di MTs negri 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
206200159_ULFAN RIFALDI_Manajement Pendidikan Islam.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Mengembangkan potensi peserta didik terlepas dari gaya
kepemimpinan yang demokratis kepala madrasah adalah orang yang paling
penting sebagai pelopor utama dalam membangun peningkatan ekstrakurikuler,
terutama memberikan motivasi dan tanggung jawab kepada bawahan dalam
membangun peningkatan prestasi ekstrakurikuler di MTsN 1 Ponorogo.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini :(1) Untuk mengetahui
bentuk implementasi gaya kepemimpinan demokratis kepala madrasah dalam
meningkatkan prestasi Ekstrakurikuler di MTsN 1 Ponorogo,(2) Untuk
Mengetahui dan Menganalisis Penerapan Gaya Kepemimpinan demokratis
Kepala madrasah dalam Meningkatkan Prestasi Ekstrakurikuler di MTsN 1
Ponorogo,(3) Untuk mengetahui dan menganalisis implikasi gaya
Kepemimpinan demokrtis Kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi
Ekstrakurikuler di MTsN 1 Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan teknik analisis data yang
digunakan yaitu model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi
pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan pengambilan keputusan.
Hasil penelitian ini adalah (1) Bentuk Gaya kepemimpinan demokratis kepala
madrasah dalam meningkatkan prestasi ekstrakurikuler di MTsN 1 Ponorogo
yaitu menggunakan gaya kepemimpinan demokratis dalam memberikan
dukungan, motivasi, menggerakkan, bimbingan serta memberikan dorongan
untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan,(2) Penerapan gaya
kepemimpinan demokratis kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi
ekstrakurikuler yaitu adanya perencanaan untuk pencapaian prestasi
ekstrakurikuler yang akan dijalankan dalam jangka waktu satu tahun ajaran.
Pembinaan ekstrakurikuler di MTsN 1 Ponorogo didukung oleh Pembina yang
ahli bidangnya, sehingga bakat yang dimiliki peserta didik dapat tersalurkan
dengan baik. Pelaksanaan ekstrakurikuler dilaksanakan pada hari selasa, rabu,
kamis dan jum’at pada sore setelah pembelajaran dalam kelas dan hari sabtu.
Kegiatan evaluasi dilaksanakan untuk mengetahui keterlaksanaan kegiatan
ekstrakurikuler. (3) Implikasi dari gaya kepemimpinan demokratis kepala
madrasah terhadap peningkatan prestasi ekstrakurikuler MTsN 1 Ponorogo,
Faktor penghambat, kurangnya minat, sarana prasarana, dana anggaran, kurang
dukungan dari orang tua, lingkungan, teman, dan waktu. Faktor pendukung,
adanya dukungan dari orang tua, teman, dana yang mencukupi, fasilitas sarana
prasana yang memadai
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | MUKHIBAT |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 01:12 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 01:12 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31008 |
Actions (login required)
View Item |