Penalaran Kontekstual Calon Guru IPA pada Masalah Sosiosains Ditinjau dari Pedagogical Content Knowledge di IAIN Ponorogo

Perdana, Yuda Satria (2022) Penalaran Kontekstual Calon Guru IPA pada Masalah Sosiosains Ditinjau dari Pedagogical Content Knowledge di IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211317001_Yuda Satria Perdana_Tadris IPA (1).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penalaran kontekstual dengan masalah sosiosains pada pembelajaran IPA yang
diterapkan dengan bimbingan guru dan diimplementasikan kepada pembelajaran IPA dengan
siswa sekolah telah menjadi sebuah kesatuan dalam konsep dan penerapannya. Dalam penalaran
kontekstual dengan masalah sosiosains oleh calon guru IPA, kompetensi dan kesiapan guru
adalah hal penting dalam permasalahan dalam pembelajaran IPA yang kian hari semakin
perlunya perkembangan yang dapat dihasilkan dari penalaran dan kreativitas serta kompetensi
lainnya yang harus dimiliki oleh seorang guru IPA, sehingga akan menghasilkan siswa dengan
kualitas yang baik dari pembelajaran yang efektif.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendapati sebuah hasil analisis dari (1) penalaran
calon guru IPA di IAIN Ponorogo, (2) kemampuan berpikir kontekstual calon guru IPA di IAIN
Ponorogo, (3) keterkaitan antara masalah sosiosains dengan penalaran kontekstual dalam
pembelajaran IPA, (4) profil kemampuan penalaran kontekstual calon guru IPA di IAIN
Ponorogo dalam mengajar IPA terkait masalah sosiosains, (5) faktor yang mempengaruhi calon
guru IPA di IAIN Ponorogo dalam bernalar kontekstual.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif interpretatif dengan model
a priori, model argumentasi serta berbasiskan dengan studi kasus untuk menggali sebuah
fenomena yang didapat. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara mendalam (in-depth
interview) tidak langsung, kuesioner terbuka, kuesioner tertutup, kuesioner skala likert, dan
dokumentasi kepada partisipan sebanyak 26 orang dari mahasiswa atau alumni dari jurusan
Tadris IPA IAIN Ponorogo. Data hasil dari penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis
perhitungan nilai kompetensi dasar partisipan, lalu analisis dengan software bantuan dari NVivo
12 Plus, dengan hasil analisis olah data sebelumnya lalu dilanjutkan menggunakan analisis
model struktural argumentasi toulmin, selanjutnya analisa pos hoc dengan software SPSS
menggunakan korelasi bivariat (spearman’s rho) sebagai analisa kesesuian skema dengan
konsep penerapan mengajar IPA, dan selanjutnya analisis total nilai dari hasil skala likert.
Berdasarkan hasil olah data dan analisa dalam penelitian ini menunjukan bahwa (1)
penalaran calon guru IPA terampil dan mampu untuk berpikir secara luas dan kritis, serta mampu
dalam memecahkan sebuah permalahan yang dihadapinya. dilihat dari penjelasan oleh masingmasing partisipan dalam penalarannya terhadap masing-masing skema yang diberikan. (2) Calon
guru IPA mampu dalam berpikir secara kontekstual karena dengan materi-materi IPA sangat
berkaitan erat dalam penerapannya. (3) Keterkaitan antara masalah sosiosains dengan penalaran
kontekstual dalam pembelajaran IPA banyak kaitan eratnya karena saling melengkapi dan dapat
lebih memberikan keefektifan dalam pembelajaran IPA. (4) Calon guru IPA sudah memiliki
dasar ilmu pendidikan dalam dirinya dan partisipan mampu dan menunjukan kompetensinya
dalam menalar dan memberikan argumentasi yang sangat baik. (5) Faktor dipengaruhi oleh
materi IPA itu sendiri dan pengaruh oleh teknik dan strategi yang sudah dirancang guru untuk
digunakan dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 03 Dec 2024 07:59
Last Modified: 03 Dec 2024 07:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31005

Actions (login required)

View Item View Item