Mahani, Farida Nur (2022) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Reputasi PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (Perseroda) Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
210817114_Farida Nur M_Perbankan Syariah.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (Perseroda) Magetan merupakan
perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan. Di mana produk yang
dimiliki adalah asuransi, tabungan, simpanan dan pinjaman. Saat ini perusahaan
menghadapi persaingan yang ketat sehingga perusahaan dipaksa untuk
memposisikan unggul dengan perusahaan lainnya. Seiring dengan berjalannya
waktu dengan tingkat perekonomian yang tinggi ini PT. BPRS dalam
menyalurkan dana mengalami sedikit penurunan sehingga hal ini sangat
berdampak pada reputasinya. Disamping itu hasil wawancara dengan nasabah
menyatakan operasional PT. BPRS sama dengan bank konvensional, dan fasilitas
kurang memadahi. Maka pembahasan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi
reputasi ini menarik untuk di lakukan penelitian. Berdasar pada latar belakang
permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor- faktor apa saja dan faktor apa
yang dominan mempengaruhi reputasi PT. BPRS mengacu pada variabel Produk,
Kinerja, Tempat Kerja, Kepercayaan, dan Pengalaman Konsumen Terhadap
Produk.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini adalah nasabah PT. BPRS dengan
sampel penelitian yang digunakan yaitu keseluruhan dari jumlah populasi.
Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi,
sedangkan teknik analisis data menggunakan metode analisis faktor dengan
bantuan software IBM SPSS Statistic versi 21.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sesuai dengan hasil wawancara
untuk reputasi PT. BPRS Magetan saat ini tergolong buruk karena pertanyaan dari
nasabah, kinerja bank tidak sesuai dengan prinsip syariah, pelayanan tidak
memuaskan dan fasilitas belum memadahi. Faktor-faktor yang mempengaruhi
reputasi adalah faktor internal dengan variabel X1 produk, X2 kinerja, dan X3
tempat kerja, dan faktor eksternal dengan variabel X4 kepercayaan X5
pengalaman konsumen terhadap produk. Faktor paling dominan mempengaruhi
reputasi adalah faktor internal. Sebab dalam faktor ini terdiri dari 3 variabel
pembentuk yang meliputi tempat kerja, kinerja dan produk dengan nilai
communality sebesar 48,496%
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Said Abadi |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 07:45 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 07:45 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31001 |
Actions (login required)
View Item |